Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Studet Team Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas 5 SDN 3 Kedu

HERLINA, HASTIN OKTA (2023) Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Studet Team Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas 5 SDN 3 Kedu.

[img] Text
2153-Article Text-15680-1-10-20230604.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Artikel Hastin Okta Herlina.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Artikel Hastin Okta Herlina.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Artikel Hastin Okta Herlina.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Artikel Hastin Okta Herlina.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Artikel Hastin Okta Herlina.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar dalam pembelajaran PAI siswa kelas 5 SDN 3 Kedu Temanggung tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran PAI yang diajarkan dengan cara memaksimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan melalui tiga siklus, didahului dengan observasi awal, perencanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil pelaksanaan dievaluasi dalam refleksi untuk menyusun rencana perbaikan yang diikuti pelaksanaan observasi dan refleksi tahap berikutnya, sampai tiga siklus. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan dan penerapan pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas 5 SDN 3 Kedu Temanggung tahun pelajaran 2020/2021. hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran yaitu siklus I sebesar 50 %, siklus II sebesar 78,125 %dan siklus III sebesar 93,75 %begitu juga aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran yaitu siklus I sebesar 33,75 %, siklus II sebesar 52,125 % dan siklus III sebesar 69,375 % dan nilai rata-rata formatif dalam pembelajaran yaitu siklus I sebesar 61,56, siklus 2 sebesar 68,13 dan siklus III sebesar 75,63.

Item Type: Article
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 17:35
Last Modified: 24 Oct 2023 17:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18584

Actions (login required)

View Item View Item