INTEGRASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY DALAM MEMBENTUK KARAKTER ALTRUISME SISWA

Iriyanti, Khusnadhya hannif (2023) INTEGRASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY DALAM MEMBENTUK KARAKTER ALTRUISME SISWA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
KHUSNADHYA HANNIF_12010200010.pdf

Download (3MB)
[img] Text
KHUSNADHYA HANNIF_12010200010.pdf

Download (3MB)
[img] Text
KHUSNADHYA HANNIF_12010200010.pdf

Download (3MB)
[img] Text
KHUSNADHYA HANNIF_12010200010.pdf

Download (3MB)
[img] Text
KHUSNADHYA HANNIF_12010200010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD IT Permata Bunda Bawen dan bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SD IT Permata Bunda Bawen, (2) Mengetahui kelebihan media ICT yang diterapkan di SD IT Permata Bunda Bawen, (3) Mengetahui bagaimana cara membentuk karakter altruisme pada diri peserat didik, (4) Mengetahui bagaimana integrasi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan ICT dalam membentuk karakter altruisme pada diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, berdasarkan studi kasus yang diperoleh peneliti di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Sedangkan analisis data dilakukan secara bersamaan, yaitu display, reduksi data dan verifikasi data. Hasil penelitian memaparkan adanya integrasi antara pembelajaran PAI dengan ICT untuk membentuk karakter altruisme pada diri peserta didik. Pembelajaran PAI dikemas dengan metode yang sangat kreatif dan inovatif serta kekinian, namun tetap menanamkan pada diri peserta didik karakter altruisme. Pendidikan agama Islam di SD IT Permata Bunda Bawen mempunyai 17 jam dalam sepekan dengan rumpunan pelajaran PAI, BPI, BTQ dan Tahfidz. Penanaman karakter altruisme di SD IT Permata Bunda Bawen sudah berjalan dan sudah menjadi habit peserta didik. Altruisme yang muncul dalam diri peserta didik sendiri adalah, (Sharing, cooperative, donating, helping, honesty dan generosity). Kelebihan penggunaan ICT dalam ranah pembelajaran 1) Pengembangan profesional untuk pendidik, 2) pusat informasi, dan salah satu sumber belajar, 3) bisa belajar sendiri secara cepat, 4) lebih menyenangkan dan bervariatif, 5) menambah wawasan, pergaulan, pengembangan karier dan pengetahuan. Integrasi pembelajaran PAI dan ICT dalam membentuk karakter altrusime pada diri peserta didik di SDIT Permata Bunda Bawen adalah dengan mendesain program-program unggulan seperti 1) sambutan pagi untuk memberikan afirmasi kepada peserta didik, 2) kegiatan muraja’ah dan infaq subuh, 3) kegitatan pembiasaan Islami, 4) kegiatan bina pribadi islami dan 5) gerakan orang tua asuh 6) mutaba’ah yaumiyah menggunakan google form 7) kegiatan pramuka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 17:54
Last Modified: 24 Oct 2023 17:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18585

Actions (login required)

View Item View Item