PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK), PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2018-2022)

Anggraini, Rahmasyaidah (2023) PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK), PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2018-2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Rahmasyaidah Anggraini.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rahmasyaidah Anggraini.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rahmasyaidah Anggraini.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh DPK, Pembiayaan Murabahah dan Pembiayaan Musyarakah terhadap Profitabilitas dengan NPF sebagai Variabel Moderasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan peneliti sehingga diperoleh 50 data penelitian dari 10 bank umum syariah pada periode pengamatan (2018-2022). Jenis data yang digunakan adalah data panel. Metode analisis yang digunakan meliputi uji statistik deskriptif, uji stasioneritas, uji regresi berganda, uji T, uji F, R2, uji asumsi klasik dan uji MRA. Uji Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan software pengolah data Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPK berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. . Pembiayaan Murabahah berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Pembiayaan Musyarakah berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA. NPF mampu memoderasi DPK terhadap ROA. NPF mampu memoderasi Pembiayaan Murabahah terhadap ROA. NPF tidak mampu memoderasi Pembiayaan Musyarakah terhadap ROA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 18:09
Last Modified: 24 Oct 2023 18:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18586

Actions (login required)

View Item View Item