HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MLILIR 02 KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Savitri, Hesty Indah Ayu (2023) HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MLILIR 02 KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI HESTY INDAH AYU SAVITRI_23040190111.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI HESTY INDAH AYU SAVITRI_23040190111.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI HESTY INDAH AYU SAVITRI_23040190111.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat kecanduan game online Mobile Legends siswa, 2) mengetahui motivasi belajar mata pelajaran Matematika siswa, 3) mengetahui hubungan tingkat kecanduan game online Mobile Legends terhadap Motivasi Belajar mata pelajaran Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mlilir 02 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mlilir 02 dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linearitas sedangkan uji hipotesis menggunakan uji correlation product moment. Hasil penelitian diperoleh data bahwa: 1) tingkat kecanduan game online berada pada kategori sedang sebesar 62,5% dengan frekuensi 15 orang dan sisanya sejumlah 37,5% dengan frekuensi 9 orang masuk dalam kategori rendah, 2) siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar rendah sebanyak 1 orang dengan dengan presentase 4,2%. Sedangkan sisanya sebanyak 23 orang dengan presentase 95,8% masuk dalam kategori sedang, 3) adanya hubungan yang sangat signifikan namun tergolong sedang antara kecanduan game online dengan motivasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari r hitung sebesar 0,483 lebih besar dari r tabel yaitu 0,404 dengan nilai signifikansi 0,017 yang lebih kecil dari 0,05. Ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Kecanduan Game Online (X) dan Motivasi Belajar (Y).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 18:17
Last Modified: 24 Oct 2023 18:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18588

Actions (login required)

View Item View Item