DAMPAK MENGUNJUNGI TEMPAT HIBURAN MALAM TERHADAP GAYA HIDUP REMAJA PADA PERILAKU AGAMA DAN PERILAKU SOSIAL (STUDI KASUS BEBERAPA REMAJA DI DESA NGOMBAK KOTA PURWODADI)

Budiani, (2023) DAMPAK MENGUNJUNGI TEMPAT HIBURAN MALAM TERHADAP GAYA HIDUP REMAJA PADA PERILAKU AGAMA DAN PERILAKU SOSIAL (STUDI KASUS BEBERAPA REMAJA DI DESA NGOMBAK KOTA PURWODADI). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI BUDIANI BARU-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

BUDIANI, 2023. Dampak Mengunjungi Tempat Huburan Malam Terhadap Gaya Hidup Remaja Pada Perilaku Agama Dan Perilaku Sosial (Studi Kasus Beberapa Remaja Di Desa Ngombak, Kota Purwodadi. Pembimbing Dra, Maryatin, M.Pd Kata kunci : Dampak, Gaya Hidup, Remaja, Perilaku Agama, Perilaku Sosial, Tempat Hiburan Malam. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui gaya hidup remaja di desa ngombak. 2). Untuk mengetahui perilaku agama remaja desa ngombak. 3) untuk mengetahui perilaku sosial remaja desa Ngombak. 4) untuk mengetahui dampak gaya hidup remaja dalam berperilaku agama dan sosial setelah berkunjung ke tempat hiburan malam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif, Menggunakan Teori Komunikasi Behaviorisme yaitu dengan mencari perubahan komunikasi yang terdapat dalam remaja yang mengunjungi tempat hiburan malam tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dengan remaja Desa Ngombak, Setelah itu penulis menarik kesimpulan dari hasil informasi yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Gaya hidup beberapa remaja di Desa Ngombak yang di sebabkan teknologi dan informasi yang mempengaruhi aspek gaya hidup beberapa remaja yang ada di desa ngombak memiliki berbagai bentuk yaitu perubahan gaya fashion, gaya hidup kuliner, dan gaya hidup pergaulan. 2) Perilaku agama beberapa remaja di Desa Ngombak, seiring berkembangnya teknologi modern remaja di Desa Ngombak yang sudah semakin tergerus oleh perkembangan jaman sehingga terjadi perubahan dan kurangnya pengawasan dari orang tua seperti meninggalkan sholat, tidak mengikuti pengajian, berucap dengan kata-kata tidak sopan, berpakaian terbuka dan melakukan hal-hal terlarang, dan mengunjungi tempat hiburan malam. 3) Perilaku sosial beberapa remaja di Desa Ngombak yang di sebabkan perkembangan teknologi dan informasi yang mempengaruhi gaya hidup dan perilaku sosial remaja, dengan adanya gaya hidup pergaulan bebas dari luar sehingga kurangnya kesadaran rasa tanggung jawab sosial, dan empati remaja dalam lingkungan masyarakat. 4) Dampak yang di timbulkan setelah mengunjungi tempat hiburan malam terhadap beberapa remaja di Desa Ngombak yaitu pergaulan yang tidak sehat yang cenderung mengarah ke pergaulan bebas yang sangat merugikan diri sendiri, orang tua dan lingkungannya. Penyebab lain remaja mengunjungi tempat hiburan malam karena kurangnya pengawasan dari orang tua sehingga dapat melakukan berbagai macam gaya hidup yang tidak baik seperti: minum-minuman keras, pernikahan di usia dini, meninggalkan pendidikan, pengguna lem dan meninggalkan ibadah agama.  

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 18:46
Last Modified: 24 Oct 2023 18:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18595

Actions (login required)

View Item View Item