PENGARUH SIKAP KEUANGAN, PENGETAHUAN KEUANGAN, SOSIALISASI KEUANGAN TERHADAP KEPUASAN KEUANGAN MAHASISWA DENGAN PERILAKU KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Indahsari, Nia (2023) PENGARUH SIKAP KEUANGAN, PENGETAHUAN KEUANGAN, SOSIALISASI KEUANGAN TERHADAP KEPUASAN KEUANGAN MAHASISWA DENGAN PERILAKU KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nia Indah Sari new.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nia Indah Sari new.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nia Indah Sari new.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sari, Nia Indah. 2023. Pengaruh Sikap Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Sosialisasi Keuangan terhadap Kepuasan Keuangan Mahasiswa dengan Perilaku Keuangan sebagai Variabel Mediasi. Skripsi. Program Studi S1 Akuntansi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saifudin, M.E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap keuangan, pengetahuan keuangan, sosialisasi keuangan terhadap kepuasan keuangan mahasiswa dengan perilaku keuangan sebagai variabel mediasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Objek penelitian yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Salatiga tahun ajaran 2018-2022. Populasi dalam penelitian ini tidak ditentukan dengan jumlah sampel 100 responden, dengan menggunakan metode convenience sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan SPSS versi 25 dan tehnik analisis data menggunakan uji statistik, uji asumsi klasik dan Uji Path Analysis Berdasarkan uji path analysis menunjukan bahwa sikap keuangan, pengetahuan keuangan, dan sosialisasi keuangan berpengaruh positif terhadap kepuasan keuangan. Sikap keuangan dan pengetahuan keuangan berpengaruh positif terhadap perilaku keuangan. Sosialisasi keuangan tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan. Perilaku keuangan berpengaruh positif terhadap kepuasan keuangan. Perilaku keuangan tidak dapat memediasi variabel sikap keuangan, pengetahuan keuangan dan sosialisasi keuangan terhadap kepuasan keuangan mahasiswa. Kata Kunci: Kepuasan Keuangan, Sikap Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Sosialisasi Keuangan, Perilaku Keuangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 19:01
Last Modified: 24 Oct 2023 19:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18597

Actions (login required)

View Item View Item