PEMBINAAN SIKAP SOSIAL KEAGAMAAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SMK DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Lutfiyah, Hanik (2023) PEMBINAAN SIKAP SOSIAL KEAGAMAAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SMK DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HANIK LUTFIYAH 23010190158 uplod perpus.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HANIK LUTFIYAH 23010190158 uplod perpus.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HANIK LUTFIYAH 23010190158 uplod perpus.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HANIK LUTFIYAH 23010190158 uplod perpus.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1. Bentuk pembinaan sikap sosial keagamaan 2. Faktor pendukung pembinaan sikap sosial keagmaan 3. Faktor penghambat pembinaan sikap sosial keagmaan 4. Bentuk pembinaan kedisiplinan belajar 5. Faktor pendukung kedisiplinan belajar 6. Faktor penghambat kedisiplinan belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. bentuk pembinaan sikap sosial keagamaan meliputi: latihan dan pembiasaan dalam menumbuhkan rasa percaya diri , keteladanan dalam bersikap, nasihat, pujian, sanksi. 2. faktor pendukung pembinaan sikap sosial keagamaan meliputi: peran orang tua sebagai madrasah pertama siswa, peran kepala sekolah manajerial, guru menciptakan suasana yang menyenangkan, lingkungan sekolah, masyarakat yang ikut serta dalam mengontrol siswa. 3. faktor penghambat pembinaan sikap sosial keagamaan meliputi: latar belakang siswa (siswa yang berasal dari latar belakang orang tua yang bercerai atau berlatar ekonomi yang berbeda), kurangnya perhatian orang tua. 4. bentuk pembinaan kedisiplinan belajar meliputi: penegakan tata tertib sekolah, disiplin dalam mengerjakan tugas, pengecekan seragam dan kerapian, pujian dan sanksi. 5. faktor pendukung kedisiplinan belajar meliputi: siswa memiliki sikap tanggung jawab terhadap diri sendiri, guru sudah berpartsipasi dalam mendisiplinan siswa dan memberikan teladan yang baik, lingkungan sekolah yang mendukung kegiatan. 6. faktor penghambat kedisiplinan belajar siswa meliputi: penyalahgunaan teknologi, minat belajar siswa yang kurang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 19:34
Last Modified: 24 Oct 2023 19:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18598

Actions (login required)

View Item View Item