ANALISIS TERHADAP PRAKTIK IJARAH POHON KELAPA UNTUK DIAMBIL AIR NIRA PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Desa Tunjungmuli, Kabupaten Purbalingga)

ariyanti, Tuti (2023) ANALISIS TERHADAP PRAKTIK IJARAH POHON KELAPA UNTUK DIAMBIL AIR NIRA PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Desa Tunjungmuli, Kabupaten Purbalingga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_TUTI ARIYANTI_33020190199.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_TUTI ARIYANTI_33020190199.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ijarah atau sewa-menyewa menjadi salah satu aktivitas muamalah masyarakat dalam rangka kebutuhan usaha guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. karena jika modal usaha yang dimiliki seseorang tidak mencukupi atau memadai maka hasil yang didapat dirasa tidak mencukupi target, sehingga dalam usaha pembuatan gula merah para penderes menyewa pohon kelapa untuk diambil air nira kepada pemilik pohon kelapa agar dapat memperoleh hasil gula merah yang melimpah sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik sewa-menyewa pohon kelapa untuk diambil air nira di Desa Tunjungmuli dan bagaimana praktik tersebut dalam perspektif hukum ekonomi syari’ah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan penelitian lapangan serta menggunakan pendekatan yuridis empiris. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis kualitatif dengan cara mengumpulkan data secara berulang-ulang sehingga dapat disimpulkan hipotesis. Untuk keabsahan data digunakan Teknik triangulasi dan perpanjangan kehadiran peneliti dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem sewa-menyewa yang dilakukan oleh Masyarakat yaitu tanpa perjanjian di bawah tangan hanya menganut sitem kebiasaan dengan lisan. Sehingga dalam penentuan biaya ujrah murni ditentukan oleh mua’jir tanpa memperhitungkan terlebih dahulu dengan musta’jir yang menyebabkan terjadinya kerugian bagi penyewa atau (musta’jir).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 20:50
Last Modified: 24 Oct 2023 20:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18603

Actions (login required)

View Item View Item