PERAN PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH MAWADDAH WA RAHMAH PADA PASANGAN PERNIKAHAN USIA DINI DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN

Aulia, Dhea Nurul (2023) PERAN PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH MAWADDAH WA RAHMAH PADA PASANGAN PERNIKAHAN USIA DINI DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_DHEA NA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah sebagai berikut : 1) untuk Mengetahui Peran Penyuluh Agama Islam dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rahmah pada Pasangan Pernikahan Usia Dini di Kantor Urusan Agama Kecamatan Masaran. 2) untuk Menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rahmah pada Pasangan Pernikahan Usia Dini di Kantor Urusan Agama Kecamatan Masaran. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan melakukan studi langsung atau terjun ke lapangan. Sumber data diperoleh dari Kepala KUA Kecamatan Masaran, Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Masaran, Remaja yang menikah di usia dini dan orangtua atau masyarakat. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Peran Penyuluh Agama Islam dalam mewujudkan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah pada pasangan pernikahan usia dini di Kantor Urusan Agama Kecamatan Masaran mempunyai beberapa hal yang dilakukan dengan cara yaitu adanya pembinaan dan bimbingan kepada calon pengantin, karena sebelum menikah calon pengantin terkhusus anak yang menikah di usia diberikan arahan atau wejangan seputar pernikahan dari penyuluh agama Islam. Selain itu juga peran penyuluh meningkatkan pemahaman masyarakat, gunanya untuk memberikan pengetahuan kepada calon pengantin terkhusus anak yang menikah di usia dini tentang hak dan kewajiban suami istri. 2) Faktor pendukung dalam mewujudkan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah pada pasangan pernikahan usia dini : Hubungan dengan pasangan harus saling menghargai, menghormati, menerima kelebihan dan kekurangan antar kedua pihak (suami dan istri) dan Berkomitmen dengan pasangan. Sedangkan faktor penghambat dalam mewujudkan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah pada pasangan pernikahan usia dini : Kurangnya pengetahuan agama, Perbedaan karakter pasangan dan Mempermasalahkan perbedaan pendidikan antar pasangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 20:53
Last Modified: 24 Oct 2023 20:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18604

Actions (login required)

View Item View Item