ANALISIS SISTEM JUAL BELI ALBUM KPOP BERDASARKAN FATWA DEWAN SYARI’AH NASIONAL NO. 05/DSN-MUI/IV/2000 TENTANG JUAL BELI SALAM (Studi Kasus Pada Penggemar KPOP Mahasiswa UIN Salatiga)

Ulfah, Siti Indana (2023) ANALISIS SISTEM JUAL BELI ALBUM KPOP BERDASARKAN FATWA DEWAN SYARI’AH NASIONAL NO. 05/DSN-MUI/IV/2000 TENTANG JUAL BELI SALAM (Studi Kasus Pada Penggemar KPOP Mahasiswa UIN Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Siti Indana Ulfah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI Siti Indana Ulfah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI Siti Indana Ulfah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Album K-Pop adalah jenis koleksi musik yang didistribusikan oleh sebuah agensi sebagai bentuk promosi terhadap artisnya. Sistem jual beli album k-pop oleh mahasiswa UIN Salatiga dilakukan melalui beberapa cara yaitu melalui website, Group Order (GO) juga melalui e-commerce. Adapun dalam Fatwa Dewan Syari’ah Nasional MUI No. 05/DSN-MUI/IV/2000 tentang jual beli salam mengatur beberapa ketentuan yang harus dipenuhi meliputi ketentuan pembayaran, ketentuan barang, ketentuan penyerahan barang dan ketentuan kemungkinan adanya pembatalan kontrak Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana sistem jual beli album K-Pop yang dilakukan oleh mahasiswa UIN salatiga dan analisis sistem jual beli dalam jual beli album K-Pop oleh mahasiswa UIN Salatiga berdasarkan Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No. 05/DSN-MUI/IV/2000 tentang jual beli salam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris dan bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi kepada 16 penggemar kpop dari kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Salatiga. Data yang terkumpul dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem jual beli album K-Pop yang dilakukan oleh penggemar K-Pop dari mahasiswa UIN Salatiga terhadap album kpop fisik dan album kpop digital menggunakan sistem pre order juga ready stock. Adapun dalam sistem pre order ini bisa dilakukan melalui website resmi atau Group Order, sedangkan terhadap sistem ready stock ini dilakukan melalui e-commerce seperti shopee. Terhadap sistem jual beli album kpop yang dilakukan melalui website maupun e-commerce sudah sesuai dengan ketentuan dalam Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No. 05/DSN-MUI/IV/2000 tentang jual beli salam. Sedangkan sistem jual beli album kpop yang dilakukan melalui Group Order (GO) belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan dalam Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No. 05/DSN-MUI/IV/2000 tentang jual beli salam dikarenakan tidak adanya kejelasan mengenai spesifikasi barang saat akad terjadi, harga yang ditawarkan bisa mengalami kenaikan atau penurunan, jangka waktu penyerahan yang tidak disebutkan secara pasti dan tidak adanya hak khiyar yang diberikan oleh penjual kepada pembeli. Kata Kunci: Sistem Jual Beli, Album KPOP, Fatwa DSN MUI, Mahasiswa UIN Salatiga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 21:11
Last Modified: 24 Oct 2023 21:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18605

Actions (login required)

View Item View Item