PENGEMBANGAN SOSIAL KEAGAMAAN DAN SIKAP ANTUSIAS PADA SISWA MA RIYADLOTUT THALABAH KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2022/2023

musyaropah, siti (2023) PENGEMBANGAN SOSIAL KEAGAMAAN DAN SIKAP ANTUSIAS PADA SISWA MA RIYADLOTUT THALABAH KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui penerapan pelaksanaan pembelajaran pengembangan sosial keagaamaan dan sikap antusias pada siswa MA Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang. memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan pelajaran pengembangan sosial keagamaan di MA Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang. 2) Bagaimana Sikap Antusias siswa dalam pembelajaran pengembangan sosial keagamaan pada siswa di MA Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang. 3) Apakah faktor pendukung dan penghambat pembelajaran pengembangan sosial keagamaan dan sikap antusias pada siswa di MA Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang. Metode kualitatif dipadukan dengan pendekatan penelitian lapangan dalam penelitian ini. Strategi pengumpulan data yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah semua metode pengumpulan informasi. Siswa, guru, kepala sekolah, dan kurikulum menjadi subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dari model interaktif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman, dengan tiga jalur aktivitas bersamaan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran pengembangan sosial keagaamaan di MA Riyadlotut Thalabah Sedan terdiri dari pelaksaanaan pembelajaran, penerapan perencanaan pembelajaran, pengevaluasian. Prosess pelaksanaan meliputi pembelajaran menggunakan metode praktik, ceramah, hafalan, penugasan, sedangkan media yang digunakan berupa buku saku Tanwirut Thalabah. Proses pemilihan sistem penilaian, tujuan, metode, dan materi akan digunakan disebut perencanaan. Sedangkan evaluasi lebih ditekankan dengan praktik langsung dan tes tengah semester dan akhir semester dan ulangan per Bab. 2) Antusias siswa dalam pembelajaran pengembangan sosial keagamaan pada siswa di MA Riyadlotut Thalabah Sedan yaitu antusias siswa dalam pembelajaran pengembangan sosial keagamaan cukup antusias, materi dan metodenya yang mudah dan tidak membosankan sehingga membuat siswa tidak kesulitan dalam pembelajaran karena langsung praktik itu membuat siswa semangat dan cara mengajar guru yang membuat siswa semangat dan aktif bisa merangkul siswa tidak membeda-bedakan siswa, penjelasannya jelas dan juga tidak selalu ke materi dan tidak selalu ke tugas jadi bergantian. 3) Faktor pendukung pembelajaran antara lain semangat belajar siswa, materi yang sesuai, serta sarana dan prasarana yang memadai dan juga dukungan guru dan memberikan motivasi. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran yaitu beground atau latar belakang siswa yang berbeda dalam arti dirumah mereka untuk kegiatan keagamaan sering ada yang belum pernah itu sehingga beberapa anak masih asing masih belum percaya diri ketika praktek di pelajaran pengembangan sosial keagamaan, jadi guru memberikan pembelajaran pada peserta didik dengan baik juga rasa malas juga mempengaruhi semangat belajar siswa dalam meteri yang diajarkan terlalu banyak. Untuk meningkatkan percaya diri itu memang butuh proses jadi akan sering di minta maju memberikan pendapat, mereka sering berbicara didepan dulu dan akan rasa percaya diri itu akan muncul.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 21:13
Last Modified: 24 Oct 2023 21:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18606

Actions (login required)

View Item View Item