Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Ispring Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023

luthfiyah, Siti shofiyatul (2023) Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Ispring Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Siti Shofiyatul 23070190064 .pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siti Shofiyatul 23070190064 .pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siti Shofiyatul 23070190064 .pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siti Shofiyatul 23070190064 .pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siti Shofiyatul 23070190064 .pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siti Shofiyatul 23070190064 .pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siti Shofiyatul 23070190064 .pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siti Shofiyatul 23070190064 .pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siti Shofiyatul 23070190064 .pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siti Shofiyatul 23070190064 .pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siti Shofiyatul 23070190064 .pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siti Shofiyatul 23070190064 .pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siti Shofiyatul 23070190064 .pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran teams games tournament (TGT) berbantuan media Ispring terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Sampel yang diambil oleh peneliti yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan teknik cluster random sampling dari Populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa. Variabel X (bebas) pada penelitian ini adalah model pembelajaran teams games tournament (TGT) berbantuan media Ispring dan variabel Y (terikat) yaitu motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa tes dan non tes. Data tes berupa soal uraian yang diuji keabsahannya dengan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran serta uji daya pembeda. Sedangkan data non tes berupa angket motivasi belajar yang diuji keabsahannya dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample test, uji one samples t-test dan uji n-gain. Hasil uji analisis data menunjukkan skor motivasi belajar mengalami peningkatan sebesar 79,4% dikategorikan sangat efektif. Hasil belajar mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70 dibuktikan dengan uji one samples t-test dengan nilai (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05, hasil belajar mengalami peningkatan yang signifikan menggunakan uji paired sample test dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 dan rata-rata peningkatan 55,8% dengan kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:03
Last Modified: 25 Oct 2023 03:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18617

Actions (login required)

View Item View Item