EFEKTIVITAS MODEL PROBING PROMPTING DENGAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII MTs SHIRATHUL ULUM PATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Nisa, Amalia Aizzatun (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROBING PROMPTING DENGAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII MTs SHIRATHUL ULUM PATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Amalia Aizzatun Nisa_23060190002.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nisa, Amalia Aizzatun. 2023. Efektivitas Model Probing Prompting dengan Media Flash Card terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Siswa Kelas VIII MTs Shirathul Ulum Pati Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Model Probing Prompting; Media Flash Card; Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model probing prompting dengan media flash card terhadap hasil belajar materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII MTs Shirathul Ulum Pati tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dengan one group pretest-posttest design dan metode pre-experimental ini merupakan penelitian kuantitatif. Seluruh siswa kelas VIII MTs Shirathul Ulum Pati menjadi populasi penelitian, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B dengan metode pengambilan purposive sampling. Data tes dan non-tes digunakan dalam pengumpulan data. Pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda yang telah dilakukan pengujian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda digunakan dalam pengumpulan data tes, sedangkan angket digunakan untuk data non tes (kuesioner). Uji T-test program SPSS 20.0 yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sample t-test digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata nilai pre-test (52.40) lebih kecil dari rata – rata nilai post-test (84,60). Analisis uji-t (paired sample t-test) diperoleh nilai t-hitung 11,948 > t-tabel 2,042 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut pembelajaran menggunakan model probing prompting dengan media flash card terbukti efektif terhadap hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia kelas VIII MTs Shirathul Ulum Pati Tahun Pelajaran 2022/ 2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:28
Last Modified: 25 Oct 2023 03:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18618

Actions (login required)

View Item View Item