PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM BERPRODUK ECOBRICK TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PABELAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TAHUN 2022/2023

Indrianti, Anisa (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM BERPRODUK ECOBRICK TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PABELAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TAHUN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ANISA INDRIANTI 23060190004.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ANISA INDRIANTI 23060190004.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ANISA INDRIANTI 23060190004.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ANISA INDRIANTI 23060190004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PAIKEM berproduk Ecobrick terhadap kreatifitas siswa kelas VII SMP NEGERI 1 PABELAN pada materi pencemaran lingkungan Tahun 2022/2023. Selain itu juga untuk mengetahui dampak model pembelajaran PAIKEm berproduk Ecobrick terhadap lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualititatif dengan metode Deskriptif . Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PAIKEM berproduk Ecobrick mampu meningkatkan kreativitas siswa yang dapat dilihat dari proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara model pembelajaran ini melibatkan aktivitas siswa untuk mengaitkan permasalahan yang ada disekitar agar mendapat solusi. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan pemanfaatan limbah sampah plastik dan botol dalam pembuatan Ecobrick. Pembuatan Ecobrick ini dapat meningkatkan kreativitas yang dimiliki oleh siswa, dikarenkan dalam proses pembuatan Ecobrick siswa dapat menyalurkan ide-ide untuk menentukan hasil akhir produk yang akan dibuat dengan berdiskusi bersama seluruh kelompok yang berbeda. Hasil akhir yang disepakati berupa produk Ecobrick menjadi rak buku. Pemilihan produk menjadi rak buku juga disesuaikan dengan kemanfaatannya, yaitu untuk menata buku-buku yang akan dinilai oleh guru agar tidak berantakan di meja guru. Selain itu penerapan model pembelajaran PAIKEM yang berproduk Ecobrick juga berdampak pada lingkungan sekolah, salah satunya lingkungan akan terlihat bersih, indah, asri tanpa adanya tumpukan sampah yang berserakan di setiap sudut sekolah. Kegaiatan pembelajaran akan lebih nyaman jika dilaksanakan dengan lingkungan yang bersih dan indah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:09
Last Modified: 25 Oct 2023 04:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18620

Actions (login required)

View Item View Item