PELAKSANAAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING KOMBINASI TERAPI DZIKIR SHALAWAT NARIYAH UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA TAHUN 2023

AZZAHROH, LATIFAH (2023) PELAKSANAAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING KOMBINASI TERAPI DZIKIR SHALAWAT NARIYAH UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LATIFAH AZZAHROH (23080190046) BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM S1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menemukan tingkat prokrastinasi akademik siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga; 2) mendeskripsikan pelaksanaan teknik cognitive restructuring kombinasi terapi dzikir shalawat nariyah dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa; 3) menganalisis efektivitas teknik cognitive restructuring kombinasi terapi dzikir shalawat nariyah dalam mereduksi prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan pre-test post-test control group design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII di SMP Islam-Azhar 18 Salatiga sebanyak 72, dengan sampel 16 siswa yang diambil menggunakan teknik random sampling. Sampel sebanyak 16 orang dibagi menjadi 2 secara random, 8 siswa untuk kelompok ekperimen dan 8 siswa kelompok kontrol. Teknik pengumpulan menggunakan skala psikologis prokrastinasi akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptis dan uji-t. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat 1,3% (1 siswa) kategori sangat tinggi, 54,1% (39 siswa) kategori tinggi, 43% (31 siswa) kategori sedang, dan 1,3% (1 siswa) kategori rendah. 2) Pelaksanaan layanan dilakukan 3 pertemuan dengan beberapa topik mengenai dampak prokrastinasi akademik, pertemuan kedua mengenai tips mengurangi prokrastinasi akademik, dan pertemuan ketiga membahas penguatan mengenai teknik cognitive restructuring dan terapi dzikir shalawat nariyah. 3) Berdasarkan hasil uji thitung > ttabel yaitu 7,618 > 2,145 dan nilai signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan dengan teknik cognitive restructuring kombinasi terapi dzikir shalawat nariyah efektif untuk mereduksi prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:39
Last Modified: 25 Oct 2023 04:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18622

Actions (login required)

View Item View Item