PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI HAJI DAN UMROH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STAD DAN MEDIA SPINNING WHEEL PADA SISWA MTs AMAL SHOLEH TAHUN AJARAN 2022/2023

HASANAH, USWATUN (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI HAJI DAN UMROH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STAD DAN MEDIA SPINNING WHEEL PADA SISWA MTs AMAL SHOLEH TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FIKS BANGET.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasanah,Uswatun. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Materi Haji dan Umroh dengan menggunakan model STAD dan media Spinning Wheel pada siswa MTs Amal Sholeh Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci : Hasil Belajar, Haji dan Umroh, Model Student Team Achieevement Divission, Media Spinning Whell. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model belajar STAD (Student Team Achievement Divission) dan media Spinning Whell dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fikih materi Haji dan Umroh pada siswa kelas VIII C MTs Amal Sholeh Getasan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengematan, dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan model belajar STAD (Student Team Achievement Divission) dan media Spinning Wheel dapat meningkatkan hasil belajar materi Haji dan Umroh pada siswa Kelas VIII C MTs Amal Sholeh Getasan Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil belajar pra siklus peserta didik yang mencapai KBM ada 5 peserta didik dengan persentase 25% dan 15 peserta didik yang belum mencapai KBM dengan persentase 75% dengan nilai rata rata kelas yaitu 49,5. Siklus I peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar menjadi 11 peserta didik yang mencapai ketuntasan dengan persentase 55% dan 9 siswa belum mencapai ketuntasan atau dengan persentase 45% dengan nilai rata rata kelas yaitu 74,6. Siklus II mengalami peningkatan lagi yaitu peserta didik yang mencapai ketentuntasan 18 peserta didik dengan persentase 90% dan 2 peserta didik yang belum mencapai nilai ketuntasan atau dengan persentase 10% dengan nilai rata rata kelas yaitu 85,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 15:20
Last Modified: 25 Oct 2023 15:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18629

Actions (login required)

View Item View Item