KEEFEKTIFAN MODEL ISSUE, DISCUSSION, ESTABLISH DAN APPLY (IDEA) DENGAN PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI PELUANG KELAS XI SMK MIFTAHUL HUDA PUCAKWANGI TAHUN AJARAN 2023/2024

Setiyawan, Ucok Wika (2023) KEEFEKTIFAN MODEL ISSUE, DISCUSSION, ESTABLISH DAN APPLY (IDEA) DENGAN PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI PELUANG KELAS XI SMK MIFTAHUL HUDA PUCAKWANGI TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
UCOK WIKA SETIYAWAN 23070190114_12491456_092309.pdf

Download (4MB)
[img] Text
UCOK WIKA SETIYAWAN 23070190114_12_054917.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Setiyawan, Ucok Wika. 2023. Keefektifan Model Issue, Discussion, Establish dan Apply (IDEA) dengan Pendekatan Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Peluang Kelas XI SMK Miftahul Huda Pucakwangi Pati Tahun Ajaran 2023/2024 . Skripsi. Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, S. Pd., M.Pd. Kata Kunci: Keefektifan, Model Issue, Discussion, Establish Dan Apply (IDEA), Pendekatan Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Peluang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Issue, Discussion, Establish dan Apply (IDEA) dengan pendekatan realistik dalam membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi Peluang untuk kelas XI SMK Miftahul Huda Pucakwangi tahun ajaran 2023/2024 antara kelas yang mendapat perlakuan berupa penggunaan model Issue, Discussion, Establish dan Apply (IDEA) dengan pendekatan realistik dan kelas yang menerima model pembelajaran demonstrasi dengan pendekatan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas XI PPLG A dan XI PPLG B yang ditentukan dengan metode Cluster Random Sampling. Penelitian ini berbentuk Studi Kuantitatif Eksperimental. Populasi kelas XI dalam penelitian ini adalah 62 orang siswa. Sampel sebanyak 43 siswa, 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes yang diberikan di akhir studi dan sebuah angket yang diberikan setelah selesai tes akhir studi. Data berasal dari nilai UAS semester sebelumnya dan post-test yang kemudian dianalisis menggunakan uji t. Hasil akhir dari penelitian ini, penulis menyimpulkan sebagai berikut. Dari hasil tersebut dari analisis data penelitian, hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa rata-rata data UAS untuk kelas eksperimen adalah 70,87 dan rata-rata postes kelas eksperimen adalah 78,00. Sedangkan nilai rata-rata UAS kelas kontrol adalah 72,40 dan rata-rata nilai postes kelas kontrol adalah 72,05. Berdasarkan bantuan komputer SPSS for Windows 26.0 hasil analisis data berupa uji T dengan hasil signifikan 0,011 yang kurang dari 0,05 yang menunjukkan tingkat efektivitas dimasukkan sebagai efektif sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap materi Peluang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Issue, Discussion, Establish dan Apply (IDEA) dengan pendekatan realistik lebih efektif dibandingkan metode demonstrasi kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap materi Peluang untuk kelas XI SMK Miftahul Huda Pucakwangi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 15:59
Last Modified: 25 Oct 2023 15:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18631

Actions (login required)

View Item View Item