Place Branding Desa Wisata Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang

, Dina Milatul Azka (2023) Place Branding Desa Wisata Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DINA MILATUL AZKA KPI 43010190092.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI DINA MILATUL AZKA KPI 43010190092.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI DINA MILATUL AZKA KPI 43010190092.pdf

Download (4MB)

Abstract

Milatul Azka, Dina. 2023. Place Branding Desa Wisata Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Tahun 2023. Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Rr. Wuri Arenggoasih, M.I.Kom. Kata Kunci: Place Branding, Desa Wisata, Desa Lerep Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas place branding Desa Wisata Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode studi kasus. Sumber data penelitian meliputi data primer dari hasil wawancara Kepala Desa Lerep, Ketua Pokdarwis Rukun Santosa, dan Pengurus Pokdarwis, data sekunder berupa jurnal yang berkaitan dengan penelitian, buku, dan foto-foto dokumentasi lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis data yang telah dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa sejarah terbentuknya Desa Wisata Lerep karena adanya permasalahan sanitasi lingkungan dan eksploitasi hutan lindung. Sehingga dari permasalahan tersebut menemukan solusi yang menarik perhatian warga Jepang untuk mengunjungi sekaligus belajar pengolahan biogas dan kearifan lokal di Desa Lerep. Selain itu untuk mengetahui efektivitas place branding yang digunakan menggunakan teori Anholt seperti presence, place, potential, pulse, people, dan prequisites. Upaya place branding yang di lakukan oleh pengelola untuk mengenalkan wisata ini diantaranya dengan mengoptimalkan media sosial terutama Instagram, mengikuti event-event serta melakukan kerja sama ke instansi maupun ke hotel-hotel. Dari hasil keseluruhan paparan diatas, strategi place branding Desa Wisata Lerep sudah dilaksanakan secara optimal, walaupun masih di temukan beberapa kekurangan seperti akses jalan yang masih sempit, objek wisata dari satu tempat ke tempat lain yang jauh serta ada beberapa titik jaringan internet yang masih susah sinyal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Kebudayaan Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 16:47
Last Modified: 25 Oct 2023 16:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18634

Actions (login required)

View Item View Item