EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI POTENSI AKADEMIK SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN KELAS XI TKR SMKS SARASWATI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

suryanti, avita nia (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI POTENSI AKADEMIK SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN KELAS XI TKR SMKS SARASWATI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AVITA NIA SURYANTI_23070190066.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI AVITA NIA SURYANTI_23070190066.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI AVITA NIA SURYANTI_23070190066.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI AVITA NIA SURYANTI_23070190066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran yang monoton akan mengakibatkan siswa jenuh, bosan, bahkan berdampak pada hasil belajar. Banyak prespektif bahwa matematika sulit. Oleh sebab itu, perlu adanya pemilihan model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah, menarik dan belum pernah dipakai dalam pembelajaran. Dalam mencari dan memahami suatu materi juga membutuhkan pada kemampuan potensi akademik. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui keefektivitasan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar, perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang ditinjau dari potensi akademik tinggi dan rendah, dan interaksi antara model pembelajaran dengan potensi akademik. Penelitian menggunakan metode Kuantitatif yang bertipe Eksperimen Semu (Quasi Experimen) berdesain eksperimen desain factorial. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI TKR SMK Saraswati Salatiga tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah seluruh 131 siswa. Sampel diambil dengan teknik clustered random sampling, sampel terdiri 64 siswa pada kelas XI TKR A sebagai kelas eksperimen dan XI TKR B kelas kontrol. Tes (TPA dan Posttets), dokumentasi dan observasi adalah metode dari pengumpulan data. analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji anava dua jalan. Didapatkan data hasil uji prasyarat berdistribusi normal dan berdistribusi homogen. kemudian analisis data memakai uji anava dua jalan diperoleh hasil model pembelajaran bernilai sig. 0,002 < 0,05 , artinya H_(0 (A)) ditolak, sehingga terdapat perbedaan dari hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran memakai model problem based learning dan model discovery learning. Didapatkan hasil potensi akademik bernilai sig. 0,000 < 0,05 artinya H_(0 (B)) ditolak, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mempunyai potensi akademik tinggi dan potensi akademik rendah. Pada interaksi antara model pembelajaran dan potensi akademik siswa diperoleh nilai sig. 0,829 > 0,05 , artinya H_(0 (AB)) diterima sehingga tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan potensi akademik siswa. Diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap hasil belajar ditinjau dari siswa yang mempunyai potensi akademik tinggi dan potensi akademik rendah pada materi persamaan lingkaran kelas XI TKR SMK Saraswati Salatiga Pada tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 18:46
Last Modified: 25 Oct 2023 18:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18644

Actions (login required)

View Item View Item