IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN ANAK USIA DINI DALAM MEMBENTUK PRIBADI BERAKHLAKUL KARIMAH DI DUSUN ISEP-ISEP ARGOMULYO TAHUN 2023

, asih setyo rini (2023) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN ANAK USIA DINI DALAM MEMBENTUK PRIBADI BERAKHLAKUL KARIMAH DI DUSUN ISEP-ISEP ARGOMULYO TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ASIH SETYO RINI 23050180005 skripsi-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kegiatan keagamaan di Dusun Isep-Isep Argomulyo, bagaimana akhlak anak usia dini di Dusun Isep-Isep Argomulyo, bagaimana implementasi kegiatan keagamaan anak usia dini dalam membentuk pribadi yang berakhlakul karimah di Dusun Isep-Isep Argomulyo Salatiga tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik tringulasi sumber. Dari penelitian dapat diketahui: pertama, kegiatan keagamaan yang ada di Dusun Isep-Isep Argomulyo meliputi shalat berjamaah, peringatan hari besar Islam, majelis taklim, taman pendidikan Al-Qur'an, dan membaca kitab Al- Barzanji dilanjutkan dengan kegiatan inti yakni membaca Al-Qur'an untuk orang dewasa dan Iqra' untuk anak usia dini. Kedua, akhlak anak usia dini di Dusun Isep-Isep Argomulyo sebelum mengikuti kegiatan keagamaan mereka cenderung sering bermain dan tidak teratur dalam kegiatan-kegiatanya serta tutur kata mereka terkadang kurang sopan. Ketiga, hasil dari implementasi kegiatan keagamaan yang berlangsung di Dusun Isep-Isep melalui stimulus akhlakul karimah dan proses pembiasaan, memberikan dampak positif terhadap pembentukan akhlakul karimah anak usia dini. Seperti contohnya: anak berbondong-bondong melakukan sholat berjamaah, taat pada perintah orang tua. bertutur kata yang baik, sopan santun terhadap orang tua, terbiasa berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, anak mengenal sejarah kehidupan Nabi Muhammad Saw.

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 20:04
Last Modified: 25 Oct 2023 20:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18647

Actions (login required)

View Item View Item