DINAMIKA KOMUNIKASI ORGANISASI UNIT PROGRAM KESETARAAN SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA SALATIGA DALAM MENGATASI KONFLIK INTERNAL TAHUN 2023

Fauziah, Luluk nur (2023) DINAMIKA KOMUNIKASI ORGANISASI UNIT PROGRAM KESETARAAN SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA SALATIGA DALAM MENGATASI KONFLIK INTERNAL TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI LULUK NUR FAUZIAH cetak.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fauziah, Luluk Nur. (2023). Dinamika Komunikasi Organisasi Program Kesetaraan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Salatiga dalam Mengatasi Konflik Internal. Skripsi. Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Eva Palupi, M.Si. Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Konflik Internal. Peneltian ini dilakukan pada unit program kesetaraan UPTD SPNF SKB Kota Salatiga. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis bentuk konflik internal yang terjadi pada program kesetaraan UPTD SPNF SKB Kota Salatiga. (2) menganalisis kualitas komunikasi organisasi pada program kesetaraan UPTD SPNF SKB Kota Salatiga. (3) menganalisis faktor penghambat dan faktor pendukung komunikasi organisasi program kesetaraan UPTD SPNF SKB Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian meliputi sumber data primer dengan wawancara kepada beberapa informan diantaranya; penanggungjawab program kesetaraan SKB, ketua pengelola program kesetaraan SKB, pengurus bidang kurikulum program kesetaraan SKB, dan pengurus bidang ICT program kesetaraan SKB dan sumber data sekunder berupa arsip, dokumen, website, dan YouTube. Data yang didapatkan di lapangan kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Adapun pengumpulan data yang telah dianalisis kemudian divalidasi dengan triangulasi metode diantaranya peneliti membandingkan hasil wawancara yang peneliti lakukan kepada empat informan anggota program kesetaraan UPTD SPNF SKB Salatiga untuk kemudian dicocokkan dengan cek dan ricek hasil temuan yang ditemukan peneliti pada saat observasi dengan waktu selama dua minggu dan data dokumen arsip yang peneliti dapatkan dari pengurus bagian kurikulum dan data sekunder yang peneliti temukan dari website, Instagram dan YouTube Hasil penelitian pada program kesetaraan SKB diantaranya; (1) memilKI tiga bentuk konflik internal yaitu konflik antar individu, konflik antar anggota dalam kelompok, dan konflik intra organisasi. (2) jenis komunikasi organisasi yang digunakan untuk mengatasi konflik pada program kesetaraan SKB adalah komunikasi formal (upward dan downward communication) dan komunikasi informal, kemudian pola komunikasi yang digunakan adalah rantai (wheel) untuk komunikasi upward, downward, dan horizontal, sedangkan pola komunikasi roda untuk komunikasi formal dan informal. (3) faktor pendukung keberhasilan komunikasi meliputi pimpinan yang bersifat adil dan objektif, sikap persaudaraan yang tinggi, dan kesinambungan antar anggota terhadap tujuan yang telah ditetapkan, kemudian faktor penghambat keberhasilan komunikasi organisasi meliputi miskomunikasi antara anggota dan pimpinan, minimnya keterbukaan bagi sebagian pengurus, dan tumpang tindih tanggungjawab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 20:36
Last Modified: 25 Oct 2023 20:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18649

Actions (login required)

View Item View Item