PENGARUH KETEKUNAN BERIBADAH DAN POLA BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

FAIYAH, ISTI (2023) PENGARUH KETEKUNAN BERIBADAH DAN POLA BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ISTI_FAIYAH_23010190182_FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

Isti, Faiyah. 2023. Pengaruh Ketekunan Beribadah dan Pola Belajar terhadap Kemandirian Belajar pada Siswa di SMA Muhammadiyah (Plus) Salatiga. Salatiga Tahun 2023. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam SI, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Guntur Cahyono, M.Pd. Kata Kunci : Ketekunan Beribadah, Pola Belajar, Kemandirian Belajar Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketekunan beribadah terhadap kemandirian belajar, untuk mengetahui pengaruh pola belajar terhadap kemandirian belajar, dan untuk mengetahui pengaruh ketekunan beribadah dan pola belajar terhadap kemandirian belajar pada siswa di SMA Muhammadiyah (Plus) Salatiga Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi serta data yang diperoleh diolah dari program SPSS Statistics. Analisis digunakan meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketekunan beribadah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,010 < 0,05, serta nilai t hitung sejumlah 2,790 > t tabel 1,67591. Selain itu, pola belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, serta nilai t hitung sebesar 4,856 > t tabel 1,67591. Serta ketekunan beribadah dan pola belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung 18,379 > Ftabel 2,40. Nilai R2 sebesar 0.577 atau 57,7%. Hal ini berarti bahwa 57,7% variabel ketekunan beribadah dan pola belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar, sedangkan sisanya 42,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 20:41
Last Modified: 25 Oct 2023 20:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18650

Actions (login required)

View Item View Item