Toha, Muhamad (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MATERI HUKUM BACAAN MAD MELALUI METODE ROLE PLAY BERBANTU LINGKARAN TAJWID PADA SISWA KELAS IX A MTs MA’ARIF ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Muhamad Toha 23010190196 Wisudah.pdf Download (4MB) |
Abstract
Toha, Muhamad. 2023. Peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi Hukum Bacaan Mad melalui Metode Roly Play Berbantu Media Lingkaran Tajwid Pada siswa kelas IX A MTs Ma’arif Andong Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas IslamNegeri Salatiga. Pembimbing: Guntur Cahyono, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Role Play, Media Lingkaran Tajwid Tujuan penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui penerapan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Role Play berbantu media lingkaran tajwid dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits materi hukum bacaan mad pada siswa kelas IX A MTs Ma’arif Andong Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Clasroom Action Research/ Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam penerapan metode Role Play berbantu media lingkaran tajwid dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits materi hukum bacaan mad. Metode observasi digunakan untuk mengetahui dan menilai aktivitas siswa dalam KBM berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian ini memiliki data dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian dimulai dari nilai pra siklus, dilanjutkan siklus I sampai siklus II yaitu pada tahap pra siklus hanya 8 siswa dengan presentase 28% sedangkan masih ada 21 siswa dengan presentase 72% yang belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 67,59. Kemudian pada Siklus I setelah penerapan metode role play siswa yang tuntas dengan KKM 75 meningkat sebanyak 15 siswa dengan presentase 52% dengan nilai rata-rata 72,41. Kemudian pada Siklus II di capai ketuntasan belajar dengan KKM 75 sebanyak 29 siswa dengan presentase 100% dengan nilai rata-rata 84,48. Hal tersebut telah mencapai KKM klasikal yang telah di tentukan yaitu ≥ 85%. Dengan demikian, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode Role play berbantu media lingkaran tajwid materi Hukum Bacaan Mad pada siswa kelas IX A MTs Ma’arif Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2023/2024 dinyatakan Berhasil.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 20:47 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 20:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18652 |
Actions (login required)
View Item |