KHUSNAA, ANNISA UL (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI SIFAT AMANAH DAN JUJUR MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER PESERTA DIDIK KELAS VIII B DI SMP ISLAM PLUS AT-TOHARI TUNTANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ANNISA UL KHUSNAA 23010180191.pdf Download (9MB) |
|
Text
ANNISA UL KHUSNAA 23010180191.pdf Download (9MB) |
|
Text
ANNISA UL KHUSNAA 23010180191.pdf Download (9MB) |
|
Text
ANNISA UL KHUSNAA 23010180191.pdf Download (9MB) |
Abstract
Khusnaa, Annisa Ul. 2022. Peningkatan Hasil Belajar PAI dan Budi Pekerti Materi Sifat Amanah dan Jujur Melalui Media Audiovisual dan Metode Numbered Head Together Peserta didik Kelas VIII B di SMP Islam Plus At-Tohari Tuntang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agus Purnomo, M.Eng. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Sifat Amanah dan Jujur, Media Audiovisual, Metode Numbered Head Together Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui adanya peningkatan terhadap hasil belajar PAI dan budi pekerti materi sifat amanah dan jujur menggunakan media audiovisual dan metode numbered head together pada peserta didik kelas VIII B SMP Islam Plus At-Tohari Tuntang tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas menggunakan beberapa metode untuk mengumpulkan data penelitian diantaranya adalah tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual sebagai media penyampaian materi dan metode numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif peserta didik kelas VIII B SMP Islam Plus At-Tohari Tuntang tahun ajaran 2022/2023. Presentase ketuntasan pada siklus I meningkat 5,56%, menjadi 38,89% (7 peserta didik) yang tuntas dan nilai rata-rata kelas pada siklus I menjadi 67,33. Pada siklus II presentase ketuntasan belajar meningkat 44,44%, menjadi 83,33% (15 peserta didik) dengan rata-rata kelas 77,33. Dan pada siklus terakhir yaitu siklus III hasil belajar peserta didik dapat mencapai ketuntasan belajar 94,44% (17 peserta didik) dengan rata-rata kelas 84,22.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 21:15 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 21:15 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18657 |
Actions (login required)
View Item |