PENGARUH LIKUIDITAS, STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN LABA TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2018-2022)

HIDAYAH, FITRI NURUL (2023) PENGARUH LIKUIDITAS, STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN LABA TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2018-2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FINUHA KHOLAS PDF.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hidayah, Fitri Nurul. 2023. Pengaruh Likuiditas, Struktur Modal Dan Pertumbuhan Laba Terhadap Kualitas Laba Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Yang Memoderasi (Studi kasus pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2018-2022). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Program Studi Perbankan Syariah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Yusvita Nena Arinta, M.Si. Besarnya laba yang dihasilkan oleh perusahaan akan menjadi tolak ukur keberhasilan kinerja keuangan dan pengendalian internal suatu perusahaan dengan adanya informasi mengenai laba yang dapat digunakan oleh investor dalam menilai perusahaan untuk pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, struktur modal dan pertumbuhan laba terhadap kualitas laba dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif data yang digunakan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK periode tahun 2018-2022 yang berjumlah 15 bank. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 11 bank yang dijadikan sampel. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan analisis EViews 12. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa likuiditas berpengaruh negatif signifikan terhadap kualitas laba, struktur modal berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kualitas laba, pertumbuhan laba tidak berpengaruh terhadap kualitas laba, likuiditas yang dimoderasi profitabilitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kualitas laba, struktur modal yang dimoderasi profitabilitas berpengaruhpositif signifikan terhadap kualitas laba dan pertumbuhan laba yang dimoderasi profitabilitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kualitas laba.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 21:40
Last Modified: 25 Oct 2023 21:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18660

Actions (login required)

View Item View Item