PENGARUH SENSE OF HUMOR DAN STRES BELAJAR TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SPIRITUAL PADA SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 1 TANON KABUPATEN SRAGEN

deva, Gladiata aura (2023) PENGARUH SENSE OF HUMOR DAN STRES BELAJAR TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SPIRITUAL PADA SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 1 TANON KABUPATEN SRAGEN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SAYA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SAYA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SAYA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Deva, A.G. (2023). Pengaruh Sense Of Humor Dan Stres Belajar Terhadap Kecerdasan Emosional Spiritual Pada Siswa Kelas 8 SPMN 1 Tanon Kabupaten Sragen. Skripsi, Salatiga, Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Slatiga. Pembimbing: Dra. Maryati, M.Pd. Kata Kunci : SOH, SB, dan KES Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini :1.) untuk mengetahui pengaruh SOH terhadap KES pada siswa kelas 8 SMPN 1 Tanon Kabupaten Sragen. 2) untuk mengetahui pengaruh SB terhadap KES pada siswa kelas 8 SMPN 1 Tanon Kabupaten Sragen. 3) untuk mengetahui pengaruh SOH dan SB secara bersama-sama terhadap KES pada siswa kelas 8 SMPN 1 Tanon Kabupaten Sragen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik sampling jenuh dimana penentuan semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu 70 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala SOH, skala SB, dan skala KES. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji regresi linier berganda, dengan bantuan aplikasi statistik sebelum dilakukan uji hipotesis, perlu dilakukan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji linieritas, dan uji autokorelasi. Hasil penelitian ini menunjukkann bahwa : 1) SOH pada siswa kelas 8 SMPN 1 Tanon Kabupaten Sragen berada pada kategori tinggi (45,7%) 32 sebanyak orang dan diikuti 38 orang (54,3%) dengan SOH pada kategori sedang, SB pada siswa x kelas 8 SMPN 1 Tanon Kabupaten Sragen berada pada kategori tinggi (57,1%) sebanyak 40 orang dan diikuti 30 orang (42,9%) dengan SB pada kategori sedang, serta KES pada siswa kelas 8 SMPN 1 Tanon Kabupaten Sragen, pada kategori tinggi (94,3%) sebanyak 66 orang diikuti 4 orang (5,7%) dengan KES pada kategori sedang. 2) SOH berpengaruh secara signifikan terhadap KES dengan nilai sig sebesar 0,024<0,05. 3) SB berpengaruh secara signifikan terhadap KES dengan nilai sig sebesar 0,000<0,05. 4) SOH dan SB secara bersama-sama bepengaruh terhadap KES dengan niali sig sebesar 0,000<0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 22:18
Last Modified: 25 Oct 2023 22:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18664

Actions (login required)

View Item View Item