PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTU QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 AMBARAWA KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mardayani, Putri Ayu (2023) PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTU QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 AMBARAWA KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PUTRI AYU MARDAYANI_23070190109_TADRIS MATEMATIKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
PUTRI AYU MARDAYANI_23070190109_TADRIS MATEMATIKA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian pengembangan media E-Booklet berbasis Project Based Learning (PJBL) ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar E-Booklet berbasis Project Based Learning (PJBL) berbantu QR-Code untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMPN 2 Ambarawa Kab. Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk jenis penelitiann pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementtion, Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C SMPN 2 Ambarawa Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 35 peserta didik. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara guru, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar kepraktisan guru, lembar respon peserta didik, dan lembar soal pretest-posttest. Analisis data menggunakan kualilatif pada studi pendahuluan dan menggunakan kuantitatif dengan Uji Paired Sample t-test dalam menguji keefektifan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kevalidan E-Booklet sebesar 91,11% dengan kategori sangat valid, hasil uji kepraktisan guru matematika sebesar 97,33% dengan kategori sangat praktis dan untuk hasil uji respon peserta didik sebesar 90,85% dengan kategori sangat praktis. Kemudian, untuk hasil belajar mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 50,91. Kemudian dianalisis dengan uji Paired Sample t-test diperoleh 0,000 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Dengan demikian, E-Booklet berbasis Project Based Learning (PJBL) yang dikembangkan pada penelitian ini dikatakan valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 00:10
Last Modified: 26 Oct 2023 00:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18665

Actions (login required)

View Item View Item