Pengaruh Intellectual Capital, Earnings Management, dan Tax Avoidance terhadap Firm Value dengan Institutional Ownership sebagai Variabel Moderating dan Return on Assets (ROA) sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2017-2021)

FAIZAH, ATIKAH NUR (2023) Pengaruh Intellectual Capital, Earnings Management, dan Tax Avoidance terhadap Firm Value dengan Institutional Ownership sebagai Variabel Moderating dan Return on Assets (ROA) sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2017-2021). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ATIKAH NUR FAIZAH 2023.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ATIKAH NUR FAIZAH 2023.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ATIKAH NUR FAIZAH 2023.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ATIKAH NUR FAIZAH 2023.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ATIKAH NUR FAIZAH 2023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa Pengaruh Intellectual Capital, Earnings Management, dan Tax Avoidance terhadap Firm Value dengan Institutional Ownership sebagai Variabel Moderating dan Return on Assets sebagai Variabel Intervening(Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2017-2021). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder yang berbentuk data panel. Sampel yang digunakan sejumlah 60 sampel dari 12 Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK pada periode 2017-2021. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan analisis jalur (path analysis) menggunakan software Eviews12.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa IC berpengaruh negatif terhadap Firm Value, sedangkan Earnings Management dan Tax Avoidance tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan analisis MRA, variabel Institutional Ownership tidak mampu memoderasi pengaruh IC dan Earnings Management terhadap Firm Value, namun Institutional Ownership mampu memoderasi pengaruh Tax Avoidance terhadap Firm Value. Berdasarkan hasil Path Analysis, variabel ROA tidak mampu memediasi pengaruh IC, Earnings Management, dan Tax Avoidance terhadap Firm Value.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:01
Last Modified: 26 Oct 2023 03:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18668

Actions (login required)

View Item View Item