PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MUHASABAH TERHADAP RESILIENSI PASCAKEMATIAN ORANG TUA PADA SISWA DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN 2023

Fitrianna, Alya Sabilla (2023) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MUHASABAH TERHADAP RESILIENSI PASCAKEMATIAN ORANG TUA PADA SISWA DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI CETAK_ALYA SABILLA FITRIANNA_BKPI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NASKAH SKRIPSI CETAK_ALYA SABILLA FITRIANNA_BKPI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NASKAH SKRIPSI CETAK_ALYA SABILLA FITRIANNA_BKPI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NASKAH SKRIPSI CETAK_ALYA SABILLA FITRIANNA_BKPI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NASKAH SKRIPSI CETAK_ALYA SABILLA FITRIANNA_BKPI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fitrianna, Alya Sabilla. 2023. Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Muhasabah terhadap Resiliensi Pascakematian Orang Tua pada Siswa di SMK Negeri 1 Kebumen Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Andar Ifazatul Nurlatifah, M. Pd. I. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Muhasabah, dan Resiliensi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengklasifikasi kondisi resiliensi pascakematian orang tua pada siswa di SMK Negeri 1 Kebumen; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik muhasabah di SMK Negeri 1 Kebumen; 3) Menguji pengaruh konseling kelompok dengan teknik muhasabah terhadap resiliensi pascakematian orang tua pada siswa di SMK Negeri 1 Kebumen. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen semu yaitu dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa ada kelompok pembanding atau kelompok kontrol. Desain yang digunakan adalah one grup pretest and posttest design yaitu pemberian test sebelum serta setelah dilakukannya treatment. Pengumpulan data menggunakan skala psikologis yang ditujukan pada populasi yaitu 61 siswa SMK Negeri 1 Kebumen yang orang tuanya telah meninggal dunia dan sampel sebanyak 8 siswa dengan kategori resiliensi rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Setelah dilakukannya pretest, menunjukan bahwa terdapat dua belas siswa atau 19,6% dengan resiliensi dengan kategori tinggi, tiga puluh tujuh anak atau 60,6% yang memiliki resiliensi dengan kategori sedang, empat siswa atau 6,5% dengan resiliensi dengan kategori cukup, delapan siswa atau 13,1% dengan resiliensi dengan kategori rendah. 2) Setelah dilakukannya treatment, hasil posttest meningkat yaitu lima siswa atau 62,5% memiliki resiliensi dengan kategori tinggi, dan tiga anak atau 37,5% memiliki resiliensi dengan kategori sedang. 3) Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired simple t-test dengan perolehan nilai t 36.688 dan nilai signifikan (2-Tailed) untuk pretest posttest yaitu 0,000<0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, kemudian nilai signifikansi (2-Tailed) untuk masing-masing yang terdiri dari personal competence, high standard, and tenacity; rust in one’s instincts, tolerance of negative affect, and strengthening effect of stress; positive acceptance of change and secure relationships; control and factor; spiritual influences yaitu 0,000, karena 0,000 < 0,05 maka Ho: ditolak dan Ha: diterima artinya terdapat pengaruh antara masing-masing aspek dari hasil pretest dan posttest. Sehingga, disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik muhasabah berpengaruh terhadap resiliensi pascakematian orang tua pada siswa di SMK Negeri 1 Kebumen tahun 2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:12
Last Modified: 26 Oct 2023 03:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18669

Actions (login required)

View Item View Item