Ningrum, Khoirunnisa' Cahya (2023) Peningkatan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Menggunakan Media Puzzle Berbasis Index Card Match (ICM) pada Siswa Kelas II MI Salafiyah Kendal Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Khoirunnisa' Cahya Ningrum.pdf Download (8MB) |
|
Text
Khoirunnisa' Cahya Ningrum.pdf Download (8MB) |
|
Text
Khoirunnisa' Cahya Ningrum.pdf Download (8MB) |
Abstract
Cahya Ningrum, Khoirunnisa’. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Menggunakan Media Puzzle Berbasis Index Card Match (ICM) pada Siswa Kelas II MI Salafiyah Kendal Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Rini Verary Shanti, M. Si. Kata Kunci : Hasil Belajar, Materi Bangun Datar, Media Puzzle, Metode Index Card Match (ICM) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi bangun datar saat menggunakan media puzzle berbasis Index Card Match (ICM) pada siswa kelas II B MI Salafiyah Kendal, Kec Gladagsari, Kab Boyolali tahun pelajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas II B MI Salafiyah Kendal yang terdiri dari 18 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus serta memiliki 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi pada tiap siklusnya. Metode pengumpulan data penelitian ini berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar setiap siklus dengan indikator keberhasilan secara klasikal sebesar 85% sebagai pedoman berdasarkan KKM sebesar 60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle berbasis Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar materi bangun datar siswa kelas II B MI Salafiyah Kendal. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan media puzzle berbasis Index Card Match (ICM) hanya 7 siswa dari 18 siswa (39%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), meningkat pada siklus I yang menunjukkan bahwa 11 siswa mencapai KKM (61%) dengan nilai rata-rata 71 sedangkan pada siklus II terdapat 16 siswa yang tuntas (89%) dengan nilai rata-rata 82. Dengan demikian, hasil belajar siswa yang diperoleh dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 28%. Sedangkan peningkatan ketuntasan hasil belajar pra siklus ke siklus II mencapai 50%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 16:00 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 16:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18677 |
Actions (login required)
View Item |