PEMBINAAN SIKAP RELIGIUS DAN KEMAMPUAN BINA DIRI PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SMPLB NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Ulfa, Mustafidatul (2023) PEMBINAAN SIKAP RELIGIUS DAN KEMAMPUAN BINA DIRI PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SMPLB NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUSTAFI_DATUL_ULFA_403.k(1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
MUSTAFI_DATUL_ULFA_403.k(1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
MUSTAFI_DATUL_ULFA_403.k(1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
MUSTAFI_DATUL_ULFA_403.k(1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
MUSTAFI_DATUL_ULFA_403.k(1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
MUSTAFI_DATUL_ULFA_403.k(1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pembinaan sikap religius peserta didik di SMPLB Negeri Salatiga; 2) Faktor pendukung pembinaan sikap religius peserta didik di SMPLB Negeri Salatiga; 3) Faktor penghambat pembinaan sikap religius peserta didik di SMPLB Negeri Salatiga; 4) Pembinaan kemampuan bina diri peserta didik di SMPLB Negeri Salatiga; 5) Faktor pendukung pembinaan kemampuan bina diri peserta didik di SMPLB Negeri Salatiga; 6) Faktor penghambat pembinaan kemampuan bina diri peserta didik di SMPLB Negeri Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dari waka kurikulum, guru dan peserta didik serta observasi; dan sumber data sekunder yang berupa dokumen dan foto yang berkaitan dengan kegiatan pembinaan sikap religius dan kemampuan bina diri peserta didik. Untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SMPLB Negeri Salatiga mempunyai: 1) Pembinaan sikap religius meliputi pembinaan melalui keteladanan, pembinaan melalui doa bersama, pembinaan tadarus Al-Qur’an, shalat jamaah, pembinaan infak sedekah dan pembinaan melalui kegiatan pesantren kilat ramadhan; 2) Faktor pendukung pembinaan sikap religius meliputi pendidikan yang meliputi orang tua, guru dan lingkungan; 3) Faktor penghambat pembinaan sikap religius meliputi orang tua, guru, lingkungan dan siswa itu sendiri; 4) Pembinaan kemampuan bina diri di SMPLB Negeri Salatiga yaitu disesuaikan dengan minat peserta didik yang berupa keterampilan yang meliputi; pembiasaan cuci motor, membuat kriya, berkebun, batik dan tata boga. 5) Faktor pendukung pembinaan kemampuan bina diri meliputi pendidikan yang meliputi orang tua, guru dan lingkungan; 6) Faktor penghambat pembinaan kemampuan bina diri meliputi orang tua, guru, lingkungan dan siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 16:48
Last Modified: 26 Oct 2023 16:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18680

Actions (login required)

View Item View Item