Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Minat Siswa Pada Materi Pemanasan Global Bagi Siswa Kelas VII MTs Al Islam Bringin Tahun Pelajaran 2022/2023

MA'UNAH, NAILYL (2023) Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Minat Siswa Pada Materi Pemanasan Global Bagi Siswa Kelas VII MTs Al Islam Bringin Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NAILYL MA'UNAH 23060190029 T.IPA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NAILYL MA'UNAH 23060190029 T.IPA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NAILYL MA'UNAH 23060190029 T.IPA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NAILYL MA'UNAH 23060190029 T.IPA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NAILYL MA'UNAH 23060190029 T.IPA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ma’unah, Nailyl. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Minat Siswa pada Materi Pemanasan Global bagi Siswa Kelas VII MTs Al Islam Bringin Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Arif Billah, M.Pd. Kata Kunci: Role Playing; hasil belajar IPA; Minat Belajar IPA; Pemanasan Global Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar dan minat belajar siswa materi pemanasan global dengan model pembelajaran role playing pada siswa kelas VII MTs Al Islam Bringin tahun pelajaran 2022/2023. Hasil belajar dan minat belajar yang rendah menjadi salah satu alasan dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana digunakan untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas. Langkah-langkah PTK yaitu sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 22 siswa dengan rincian 17 siswa putra dan 5 siswa putri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa kelas VII MTs Al Islam Bringin materi pemanasan global. Peningkatan hasil belajar ini dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses pembelajaran. Pada pra siklus, siswa yang tuntas 8 siswa atau 36,3% dengan niali rata-rata 69,5. Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa atau 45,4% dengan nilai rata-rata 70,2, dan siklus II siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa atau 86,3% dengan rata-rata 77,1, peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 40,9%. Untuk minat belajar banyak siswa yang memilih pernyataan positif berupa setuju (S) dari pada sangat tidak setuju (STS) tentang model pembelajaran role palying. persentase sangat setuju (SS) 45,4% ada 7, persentase 81,8% ada 4, persentase 22,7% ada 2, persentase 36,3% ada 1, dan persentase 68,1% ada 1. Untuk persentase setuju (S) 45,4% ada 7, persentase 18,1% ada 3, persentase 22,7% ada 2, persentase 68,1% ada 2, dan persentase 9,1% ada 1. Persentase tidak setuju (TS) 9,1% ada 11, persesentase 31,8% ada 1, dan sedangkan persentase 0% ada 3. Sedangkan untuk persentase sangat tidak setuju (STS) 0% tidak ada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 17:17
Last Modified: 26 Oct 2023 17:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18683

Actions (login required)

View Item View Item