PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MENELADANI PERAN ULAMA DALAM PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA MELALUI METODE THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS X DI SMK DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

mutokharoh, Umi ngazizah (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MENELADANI PERAN ULAMA DALAM PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA MELALUI METODE THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS X DI SMK DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Umi Ngazizah Mutokharoh 23010190048 REVISIAN HABIS SIDANG....pdf

Download (2MB)
[img] Text
azizah.pdf

Download (2MB)
[img] Text
azizah.pdf

Download (2MB)
[img] Text
azizah.pdf

Download (2MB)
[img] Text
azizah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mutokharoh, Umi Ngazizah 2023. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Meneladani Peran Ulama Dalam Penyebaran Agama Islam Di Indonesia Melalui Metode Think Talk Write Dengan Media Pembelajaran Card Sort Pada Siswa Kelas X di Smk Dharma Lestari Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negri Salatiga Pembimbing: Jaka Siswanta, M, Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Think Talk Write, Dan Model Card Sort Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PAI materi meneladani peran ulama dalam penyebaran agama islam di Indonesia melalui metode Think Talk Write dengan media pembelajaran Card Short pada siswa kelas X di SMK Dharma Lestari Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, ketuntasan belajar. Batas keberhasilan kriteria ketuntasan minimal sebesar 75% dianggap berhasil. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar PAI Materi Meneladani Peran Ulama Dalam Penyebaran Agama Islam Di Indonesia melalui metode Think Talk Write dengan media Card Sort pada siswa kelas X di SMK Dharma Lestari Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Hal tersebut dapat diketahui dengan peningkatan dari hasil disetiap siklusnya. Pada pra siklus, 9 dari 23 siswa atau 39,13% telah menyelesaikan KKM. Siklus I memiliki presentase siswa yang tuntas 47,82%, atau 11 siswa. siklus II menunjukan peningkatan yang signifikan, 20 siswa, atau 86,95% dari peserta didik, telah menyelesaikan KKM. Oleh karena itu, ketuntasan meningkat sebesar 8,69% dari siklus ke siklus I, dan pada siklus I ke siklus II Meningkat besar 39,13%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 17:31
Last Modified: 26 Oct 2023 17:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18684

Actions (login required)

View Item View Item