PENDIDIKAN SIKAP BIRRUL WALIDAIN DAN KARAKTER LEADERSHIP PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

IKHYAUDDIN, MOH KAMAL (2023) PENDIDIKAN SIKAP BIRRUL WALIDAIN DAN KARAKTER LEADERSHIP PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Moh Kamal Ikhya'uddin 122.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Moh Kamal Ikhya'uddin 122.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Cetak skripsi Moh Kamal Ikhya'uddin 23010190122 -1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Udin, Moh Kamal Ikhya’. 2023. Skripsi. Pendidikan sikap birrul walidain dan karakter leadership pada santri pondok pesantren Edi Mancoro Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2023: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitass Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fathurrohman, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan, Sikap Birrul Walidain. Karakter Leadership. Penelitian ini membahas tentang pendidikan sikap birrul walidain dan karakter leadership pada santri pondok pesantren Edi Mancoro Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2023. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana pendidikan sikap birrul walidain pada santri pondok pesantren Edi Mancoro Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2023 (2) Bagaimana pendidikan karakter leadership pada santri pondok pesantren Edi Mancoro Tuntang Kabupaten Semarang (3) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan sikap birrul walidain pada santri pondok pesantren Edi Mancoro Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2023 (4) Faktor pendukung dan penghambat karakter leadership pada santri pondok pesantren Edi Mancoro Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer berasal dari ustadz, pengurus, dan santri. Sedangkan data sekunder yang digunakan adalah dokumen profil pondok, LPJ kegiatan, dokumen daftar alumni. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi teknik analisis data model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan sikap birrul walidain pada santri pondok pesantren Edi Mancoro melalui kajian kitab Akhlaqul banin, keteladanan, ziarah kubur, dan piket di rumah pengasuh. (2) Pendidikan karakter leadership pada santri pondok pesantren Edi Mancoro melalui media kepengurusan, kepanitian, dan keteladanan. (3) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan sikap birrul walidain pada santri pondok pesantren adalah pergaulan bebas santri dengan warga sekitar pondok, kepribadian santri yang berbeda-beda menjadi faktor penghambat, sedangkan faktor pendukung pendidikan sikap birrul walidain yaitu fasilitas pondok, elemen yang ada di pondok pesantren, tokoh masyarakat. (4) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter leadership pada santri pondok pesantren Edi Mancoro adalah rasa takut santri, santri yang mengabaikan anamah yang diberikan menjadi faktor penghambat. sedangkan faktor pendukung pendidikan karakter leadership pada santri pondok pesantren Edi Mancoro yaitu banyknya lembaga, bebasnya santri dalam berproses di luar pondok, dan keteladanan pengasuh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 18:40
Last Modified: 26 Oct 2023 18:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18688

Actions (login required)

View Item View Item