IMPLEMENTASI KEMANDIRIAN BERIBADAH DAN KREATIVITAS SANTRI LORENG DI PONDOK PESANTREN AN-NUR CANDIREJO SEMARANG TAHUN 2023

HANIF, TAQIYYUDDIN (2023) IMPLEMENTASI KEMANDIRIAN BERIBADAH DAN KREATIVITAS SANTRI LORENG DI PONDOK PESANTREN AN-NUR CANDIREJO SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Bismillah Revisi Skripsi TAQIYYUDDIN HANIF 23010190132.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bismillah Revisi Skripsi TAQIYYUDDIN HANIF 23010190132.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bismillah Revisi Skripsi TAQIYYUDDIN HANIF 23010190132.pdf

Download (3MB)
[img] Text
TAQIYYUDDIN HANIF 23010190132.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hanif, Taqiyyuddin. 2023. Skripsi. Implementasi Kemandirian Beribadah dan Kreativitas Santri Loreng di Pondok Pesantren An-Nur Candirejo Semarang Tahun 2023: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muhammad Aji Nugroho, Lc., M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Kemandirian Beribadah, Kreativitas Santri Loreng Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kemandirian beribadah, kreativitas santri loreng yang ada di Pondok Pesantren An-Nur, serta untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat terkait penerapan kemandirian beribadah dan kreativitas santri loreng di Pondok Pesantren An-Nur Candirejo Semarang Tahun 2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, data yang dikumpulkan oleh penulis menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, untuk mengetahui penerapan kemandirian beribadah dan kreativitas santri loreng di Pondok Pesantren An-Nur. Penerapan kemandirian beribadah pada santri loreng meliputi ibadah mahdhah dan ibadah ghairul mahdhah. Pelaksanaan ibadah mahdhah diterapkan melalui kegiatan tertib dalam melaksanakan sholat wajib, disiplin dalam melaksanakan puasa wajib, memiliki motivasi untuk membayar zakat, pemahaman terhadap ajaran agama Islam. Sedangkan untuk pelaksanaan ibadah ghairu mahdhah diterapkan melalui peningkatan kualitas dalam melaksanakan sholat sunnah, meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan puasa sunnah, gemar melaksanakan sedekah, meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, memiliki kepedulian yang tinggi terhadap orang lain. Penerapan kreativitas santri loreng di Pondok Pesantren An-Nur dilakukan dengan pembinaan dari pengasuh dalam beberapa kegiatan yang sudah terlaksana meliputi: peningkatan kegiatan ekonomi pembuatan sarung dan kaos, menjadi teladan bagi masyarakat, membuat majelis ta’lim di Pendopo. Kedua, untuk mengetahui faktor penghambat dalam pengimplementasian kemandirian beribadah dan kreativitas santri loreng adalah kurangnya kesadaran dan antusias yang tinggi, faktor teman, faktor lingkungan, faktor cuaca, faktor transportasi, faktor keluarga, faktor pekerjaan. Sedangkan faktor pendukung dalam pengimplementasian kemandirian beribadah dan kreativitas santri loreng adalah adanya peran pondok pesantren yang memberikan fasilitas, peran pengasuh melalui ngaji kitab kuning dengan cara membimbing dan membina serta memberikan contoh dalam aktivitas kehidupan, peran teman untuk saling mensuport satu sama lain untuk memiliki komitmen yang baik dalam menjalankan perintah agama, lingkungan masyarakat menjadi religus, tidak ada kemaksiatan, tidak adanya penyakit masyarakat, kesadaran dan antusias yang tinggi akan tumbuh motivasi dari proses belajar dan bimbingan dengan pengasuh santri loreng.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 18:54
Last Modified: 26 Oct 2023 18:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18689

Actions (login required)

View Item View Item