PERAN MADRASAH DINIYAH USWATUN KHASANAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DI DUSUN CABEAN KULON KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2017

Inayah, Umi (2017) PERAN MADRASAH DINIYAH USWATUN KHASANAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DI DUSUN CABEAN KULON KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Inayah, Umi. 2017. Peran Madrasah Diniyah Uswatun Khasanah Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Pada Anak Di Dusun Cabean Kulon Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2017. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Achmad Maimun, M. Ag. Kata Kunci: Peran Madrasah Diniyah Uswatun Khasanah Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini yaitu (1) bagaimana peran Madrasah Diniyah Uswatun Khasanah dalam upaya meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam pada anak di Dusun Cabean Kulon? (2) apa saja faktor yang menghambat dan mendukung dalam upaya meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam pada anak di Dusun Cabean Kulon?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kuaitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa peran Madrasah Diniyah Uswatun Khasanah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam pada anak di Dusun Cabean Kulon, di antaranya. (1)Melahirkan generasi yang berakhlak mulia. (2) Menambah wawasan pengetahuan agama Islam. (3) Mengikis kemerosotan akhlak akibat pengaruh perkembangan teknologi. (4) Madrasah Diniyah sebagai pengayaan mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah. (5) Memperbaiki BTQ (Baca Tulis Qur’an) anak. (6) Membantu dalam menjaga tradisi keagamaan di tengah masyarakat. Faktor pendukung Madrasah Diniyah Uswatun Khasanah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama pada anak di antaranya adanya dukungan penuh dari masyarakat sekitar, kerjasama yang baik antar ustadz/ustadzah, motivasi mengajar dari para ustadz/ustadzah selaku pendidik, tersedianya dana dalam menunjang berjalannya kegiatan. Faktor penghambat Madrasah Diniyah, diantaranya latar belakang pendidikan yang berbeda dari pengajar, pengaruh perkembangan teknologi yang ada, jam belajar tambahan, sarana prasarana serta waktu kegiatan belajar mengajar yang terbatas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:32
Last Modified: 02 Nov 2017 02:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1869

Actions (login required)

View Item View Item