PEMBINAAN KESADARAN BERIADAH DAN SIKAP MUHASABAH DIRI PADA SISWA BOARDING SCHOOL SMA MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

FAHMI, ABU ZAR AL (2023) PEMBINAAN KESADARAN BERIADAH DAN SIKAP MUHASABAH DIRI PADA SISWA BOARDING SCHOOL SMA MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Bismilah New.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bismilah New.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bismilah New.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bismilah New.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bismilah New.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bismilah New.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fahmi, Abu Zar Al. 2023.Skripsi. Pembinaan Kesadaran Beribadah dan Sikap Muhasabah Diri pada Siswa Boadring School SMA Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata Kunci : Pembinaan, Kesadaran Beribadah, Sikap Muhasabah Diri Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pembinaan kesadaran beribadah siswa 2) Pembinaan sikap muhasabah diri siswa 3) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan kesadaran beribadah dan sikap muhasabah diri pada siswa boarding school SMA Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, sumber data yang di peroleh berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi, Pada penelitian ini informasi di peroleh dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru PAI, Pembina Boarding, Ustadz Boarding dan Siswa Boarding SMA Muhammadiyah Plus Salatiga. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di Boarding School SMA Muhammadiyah Plus Salatiga : 1)Pembinaan kesadaran beribadah pada siswa boarding school SMA Muhammadiyah Plus Salatiga melalui berbagai program antara lain a) program mutaba’ah meliputi kegiatan salat jamaah, salat sunnah, tata tertib, pembacaan hadis, kajian fikih , tahfid Al Qur’an yang dilaksanakan setiap hari sesuai waktu tertentu b) program tarjih yang meliputi kegiatan kajian mingguan. 2)Pembinaan sikap muhasabah diri pada siswa boarding school : a) melalui program tarjih, meliputi keteladanan sikap, mauidzoh atau motivasi, penegakan aturan b)), program kajian meliputi kajian setiap hari setelah salat isya`, kajian akhlak dan fikih mingguan, khotbah jum’at dari bapak ibu guru c) program istighosah, meliputi berdoa bersama di pimpin kiai atau ustadz dari luar dan kajian tentang muhasabah diri baik dari sikap, perbuatan, perilaku. 3)Faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaa kesadaran beribadah dan sikap muhasabah diri pada siswa boarding school SMA Muhammadiyah Plus Salatiga yaitu a) Faktor pendukung yaitu : peran guru dan ustadz, sarana prasarana, kajian. b) Faktor penghambat yaitu : Kesadaran diri sendiri, lingkungan, Peran orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 18:59
Last Modified: 26 Oct 2023 18:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18691

Actions (login required)

View Item View Item