PEMBINAAN AJARAN AGAMA DAN INTERAKSI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK DI SLB WAHID HASYIM BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

mahfiroh, nahtimul (2023) PEMBINAAN AJARAN AGAMA DAN INTERAKSI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK DI SLB WAHID HASYIM BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NAHTIMUL terakhir (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NAHTIMUL terakhir (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NAHTIMUL terakhir (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NAHTIMUL terakhir (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Mahfiroh, Nahtimul. 2023. Pembinaan Ajaran Agama dan Ineraksi Sosial di SLB Wahid Hasyim Bringin Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ghaida Zukhruf Tsaniyatsnaini, M.Pd. Kata Kunci: Pembinaan Ajaran Agama dan Interaksi Sosial Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pembinaan ajaran agama. (2) Mendeskripsikan interaksi sosial. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembinaa ajaran agama (4) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat interaksi sosial di SLB Wahid Hasyim Bringin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kulitatif karena data dan hasil penelitian yang diperoleh diolah dan dijelaskan berdasarkan deskripsi penulis. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sumber penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, guru wali kelas, dan siswa SMPLB Wahid Hasyim Bringin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembinaan ajaran agama dan interaksi sosial pada peserta didik di SLB Wahid Hasyim Bringin telah berjalan engan baik, ditunjukkan dengan adanya kegiatan pembinaan seperti sholat berjamaah, tata cara berwudhu, puasa, pembacaan surat pendek dan asma’ul husna, serta infaq di hari Jum’at. (2) Kegiatan interaksi sosial di SLB Wahid Hasyim Bringin berjalan dengan baik ditunjukkan dengan interaksi peserta didik disetiap harinya serta kegiatan yang berupa kerja kelompok, gotong royong, membentu teman dan bapak ibu guru, dan salam sapa kepada bapak ibu guru. (3) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan agama di SLB Wahid Hasyim Bringin. Faktor pendukungnya, yaitu SDM dari guru atau pendidik yang bersangkutan, kemudian fasilitas yang sudah disiapkan oleh pihak sekolah seperti gambar-gambar sebagai alat untuk menyampaikan materi, selain itu adanya tenaga pendidik dan capaian dalam mewujudkan visi dan misi sekolah. Faktor penghambatnya, yaitu keterbatasan atau kemampuan peserta didik, kemudian faktor akademik, pengetahuan dari peserta didik, dan dukungan orang tua. (4) Faktor pendukung dan penghambat interaksi sosial di SLB Wahid Hasyim Bringin. Faktor pendukunya, yaitu bapak ibu guru yang mampu mewujudkan tujuan interaksi sosial, yang mampu memotivasi, dukungan, serta arahan untuk peserta didik, orang tua yang ikut serta dalam mendukung anak-anaknya, kemudian adanya fasilitas atau sarana pra-sarana yang memadai. Faktor penghambatnya, yaitu keterbatasan dan pengetahuan dari peserta didik, dan masih kurangnya kesadaran diri karena kondisi keterbatasan yang mereka miliki.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 19:15
Last Modified: 26 Oct 2023 19:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18692

Actions (login required)

View Item View Item