Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu dalam Pencegahan Kasus Stunting di Desa Tanjunganom Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo

Khoridani, Nur (2023) Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu dalam Pencegahan Kasus Stunting di Desa Tanjunganom Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi Nur Khoridani 43030190060 PMI S1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan masyarakat Desa Tanjunganom yang memiliki kasus stunting tinggi. Untuk mencegah kasus stunting yang terjadi, pihak LPTP Wonosobo bekerjasama dengan pemerintah desa setempat menjalankan program Tanggap Gizi dan Kesehatan Anak Stunting (TANGKAS) dengan sasaran kader posyandu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kapasitas kader posyandu dalam pencegahan kasus stunting di Desa Tanjunganom Kecamatan Kepil Kabupaten Wonsobobo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu melalui hasil wawancara dengan pihak LPTP, Kader Posyandu, dan masyarakat yang mendapatkan pelayanan kader posyandu di Desa Tanjunganom. Sedangkan sumber sekunder berasal dari foto yang dijadikan dokumentasi dalam pelaksanaan intervensi, profil LPTP, data demografis dan geografis Desa Tanjunganom. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya kapasitas kader posyandu melalui intervensi yang dilakukan oleh LPTP Wonosbo melalui beberapa tahapan yang dilakukan, diantaranya: pertama, tahap penyadaran dan tahap pembentukan perilaku masyarakat; kedua, tahap transformasi kemampuan; ketiga, tahap peningkatan kemampuan intelektual dan kecakapan keterampilan. Adapun hasil program tersebut adalah tercapainya kegiatan yang terencana dan kolektif, memperbaiki kehidupan masyarakat, prioritas bagi kelompok lemah atau kurang beruntung, dan dilakukan melalui program peningkatan kapasitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 19:25
Last Modified: 26 Oct 2023 19:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18694

Actions (login required)

View Item View Item