IMPLEMENTASI AMALIYYAH YAUMIYYAH DAN SIKAP PENGENDALIAN DIRI PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AGRO NUUR EL-FALAH SALATIGA TAHUN 2023

Hasanah, Viki Afidatul (2023) IMPLEMENTASI AMALIYYAH YAUMIYYAH DAN SIKAP PENGENDALIAN DIRI PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AGRO NUUR EL-FALAH SALATIGA TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI VIKI AFIDATUL HASANAH 23010190371.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI VIKI AFIDATUL HASANAH 23010190371.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI VIKI AFIDATUL HASANAH 23010190371.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hasanah, Viki Afidatul. 2023. Implementasi Amaliyyah Yaumiyyah dan Sikap Pengendalian Diri Pada Santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga Tahun 2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Barid Syamsiyah, M.Pd. Kata Kunci: Amaliyyah Yaumiyyah; Sikap Pengendalian Diri. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan Implementasi Amaliyyah Yaumiyyah pada santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga Tahun 2023 (2) Mendeskripsikan mplementasi Sikap Pengendalian Diri Pada Santri Di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga Tahun 2023 (3) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat Amaliyyah Yaumiyyah pada santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga Tahun 2023 (4) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat Sikap Pengendalian Diri pada santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga Tahun 2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan data sekunder. Sedangkan untuk analisis data menggunakan tiga komponen reduksi data, tampilan data, penarikan kesimpulan/verifikasi, dan analisis keabsahan data/validitas data menggunakan meliputi triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi Amaliyyah Yaumiyyah dan Sikap Pengendalian Diri Pada Santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El- Falah. (1) Implementasi Amaliyyah Yaumiyyah pada santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah yaitu melakukan salat fardhu secara berjamaah, salat sunnah, salat sunnah rawatib, puasa senin-kamis, dzikir, membuat jadwal harian, bulanan, dan tahunan. (2) Implementasi Sikap Pengendalian Diri Pada Santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah. (3) faktor pendukung dan penghambat Amaliyyah Yaumiyyah pada santri di Pondok Pesntren Agro Nuur El-Falah yaitu faktor pendukung meliputi: kesadaran diri santri dan kerjasama pengasuh, dewan asatidz-asatidz, pengurus, dan orangtua dengan memberi arahan dan teladan. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: rasa malas santri dan ingkup keluarga (kesibukkan orangtua). (4) faktor pendukung dan penghambat Sikap Pengendalian Diri pada santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah faktor pendukung meliputi: peran dari orangtua, kesadaran santri akan pentingnya pengendalian diri. Sedangkan faktor penghambat meliputi: masih timbulnya tidak peduli, kebiasaan santri yang sulit dirubah, latar belakang santri yang berbeda-beda, kurangnya kepahaman manfaat dari mengendalikan diri, dan pengaruh pergaulan teman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 19:59
Last Modified: 26 Oct 2023 19:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18696

Actions (login required)

View Item View Item