PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL FOUR D (4D) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA PADA SISWA KELAS VII DI MTs. AMAL SHOLEH KEC. GETASAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

aulia, fadlilah noor (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL FOUR D (4D) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA PADA SISWA KELAS VII DI MTs. AMAL SHOLEH KEC. GETASAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FADLILAH NOOR AULIA 23060190070 (9)(1) (1).pdf

Download (9MB)
[img] Text
FADLILAH NOOR AULIA 23060190070 (9)(1) (1).pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui 1) Kondisi nyata & analisis kebutuhan pengembangan media komik dengan model four D (4D) dalam pembelajaran IPA pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia, 2) konsep atau desain pengembangan media komik dengan model four D (4D) dalam pembelajaran IPA pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia, 3) validasi media komik dengan model four D (4D) dalam pembelajaran IPA pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia 4) efektivitas pengembangan media komik dengan model four D (4D) terhadap hasil belajar IPA pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia pada siswa kelas VII di MTs. Amal Sholeh Kec. Getasan tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D), mengadaptasi dari Thiagrajaan (1974) dengan model 4D yaitu define, design, development, dan dissemination. Tahap define terdapat analisis tujuan pembelajaran. Tahap design terdapat rancangan awal, pemilihan media, dan format. Tahap development terdapat validasi, revisi, uji coba produk. Pengambilan subjek dengan teknik purposive sampling kelas VII B sebagai uji coba.Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, angket, observasi, dan tes. Tahap dissemination yaitu tahap penyebaran secara online di Academia.edu. Penelitian ini menunjukkan kondisi nyata dan analisis kebutuhan media komik IPA memiliki 1) keberadaan media komik jarang digunakan dalam pembelajaran, Analisis kebutuhan media komik IPA dengan perolehan rata-rata 3.32 dengan kategori butuh. 2) pembuatan desain media komik IPA dengan aplikasi canva lebih singkat, jelas, dan menarik. 3) validasi pengembangan media komik IPA berdasarkan validator ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi diperoleh persentase 85% dengan kategori sangat layak dan validasi ahli media dengan persentase 86% dengan kategori sangat layak. 4) hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pretest 69 dan nilai rata-rata postest 83. Nilai Sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima artinya pengembangan media komik efektif terhadap hasil belajar IPA kelas VII B MTs Amal Sholeh tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 20:25
Last Modified: 26 Oct 2023 20:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18701

Actions (login required)

View Item View Item