PENGARUH KESABARAN DAN HARDINESS TERHADAP TINGKAT STRES PADA SANTRI PENGHAFAL AL-QUR`AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR`AN AL-AMIN KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG

ZUYLAEKHA, DEWI (2023) PENGARUH KESABARAN DAN HARDINESS TERHADAP TINGKAT STRES PADA SANTRI PENGHAFAL AL-QUR`AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR`AN AL-AMIN KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DEWI ZUYLAEKHA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Kesabaran, Hardiness, Tingkat Stress Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui tingkat kesabaran santri penghafal Al-Qur`an di pondok pesantren Tahfidzul Qur`an al–Amin Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. (2) Untuk mengetahui tingkat hardiness (ketangguhan) santri penghafal Al-Qur`an di pondok pesantren Tahfidzul Qur`an Al–Amin Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. (3) Untuk mengetahui pengaruh kesabaran dan hardiness (ketangguhan) secara bersama-sama terhadap tingkat stres pada santri penghafal Al-Qur`an di pondok pesantren Tahfidzul Qur`an Al-Amin Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah santri penghafal Al–qur`an (Tahfidz) dengan jumplah 63 santri. Penentuan sampel menggunakan teknik Random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara langsung. Untuk menganalisis, maka menggunakaan teknik uji regresi linier berganda serta uji f (simultan) dan uji t (parsial). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kesabaran pada santri penghafal Al-Qur`an di pondok pesantren Tahfidzul Qur`an Al–Amin rata-rata berada pada tingkat kategori tinggi dengan nilai valid sebesar 94%. (2) Hardiness pada santri penghafal Al-Qur`an di pondok pesantren Tahfidzul Qur`an Al–Amin berada pada tingkat kategori tinggi dengan nilai valid sebesar 99%. (3) Terdapat pengaruh negatif kesabaran terhadap tingkat stres dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,234 dan nilai sig. 0.033. Kemudian Terdapat pengaruh negatif hardiness terhadap tingkat stres dengan nilai koefisien korelasi sebesar - 409. Nilai signifikansi pada pengaruh kesabaran dan hardiness terhadap tingkat stress sebesar 0,033 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh negatif antara kesabaran dan hardiness secara stimulan terhadap tingkat stress dalam menghafal Al -Qur`an pada santri penghafal Al-Qur`an di pondok pesantren Tahfidzul Qur`an Al–Amin kecamatan Secang kabupaten Magelang 28,2% , sedangkan 71,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Semakin tinggi kesabaran dan hardiness pada santri maka semakin rendah juga tingkat stressnya dan sebaliknya, semakin rendah kesabaran dan hardiness pada santri maka semakin tinggi juga tingkat stressnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 21:24
Last Modified: 26 Oct 2023 21:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18704

Actions (login required)

View Item View Item