KEEFEKTIFAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA PUTARAN DAN DADU PELUANG TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI PELUANG KELAS VIII SMP ISLAM AL AZHAR 18 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

astuti, Indri (2023) KEEFEKTIFAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA PUTARAN DAN DADU PELUANG TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI PELUANG KELAS VIII SMP ISLAM AL AZHAR 18 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
INDRI ASTUTI 23070190097.pdf

Download (4MB)
[img] Text
INDRI ASTUTI 23070190097.pdf

Download (4MB)
[img] Text
INDRI ASTUTI 23070190097.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Creative Problem Solving (CPS) dengan pemanfaatan alat peraga putaran dan dadu peluang terhadap kemampuan berpikir kreatif materi peluang kelas VIII SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berpikir kreatif sehingga berdampak pada kurang kreatif dalam proses penyelesaian soal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest control group Design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 22.0 dengan uji One sampel T Test dan uji Mann- Whitney U. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan pemanfaatan alat peraga putaran dan dadu peluang efektif Terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen (VIII C) SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga materi Peluang. Hal ini dapat dilihat dari kriteria keefektifan yang telah ditetapkan penelitian yaitu 1) Rata -rata nilai tes kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen ketika menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan pemanfaatan alat peraga putaran dan dadu peluang pada materi Peluang mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Yang ditunjukan pada Sig. (2-tailed) uji One Sampel T Test yaitu 0,010 < 0,05 yang mana artinya dapat dikatakan bahwa rata-rata nilai KKM tidak sama dengan 70, nilai rata-rata lebih dari KKM sebesar 74,35; 2) Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen mendapat pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan pemanfaatan alat peraga putaran dan dadu peluang lebih tinggi dari pada kelas kontrol tanpa pemanfaatan alat peraga. Yang ditunjukan pada Sig. (2-tailed) Mann-Whitney U yaitu 0,004 < 0,05 yang artinya terdapat peningkatan Yang menyatakan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 77,83 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol adalah 70,87.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:16
Last Modified: 27 Oct 2023 01:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18707

Actions (login required)

View Item View Item