PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPSMATERI KERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KEMUSU KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Supriyatun, Supriyatun (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPSMATERI KERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KEMUSU KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI VIXK...pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Supriyatun, 2017. Peningkatan hasil belajar IPS Materi Keragaman Sosial dan Budayamelalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Padasiswa Kelas IV MI Muhammadiyah Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: (1) Dra Nur Hasanah, M.Pd. Kata kunci:Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Hasil Pembelajaran, IPS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahu 2017 yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penerapan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada saat pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 1 pra-siklus dan 2 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan Tindakan ( acting), 3) Pengamatan (observing), 4) refleksi (reflecting). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, pengamatan, dan dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Keberagaman sosial dan budaya pada siswa MI Muhammadiyah Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun Pelajaran 2017/2018 dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase hasil blajar kegiatan pra siklus ke siklus 1 yaitu 40% dan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 33,34%. pra-siklus persentase siswa yang tuntas sebanyak 20,59%, siklus I persentase siswa yang tuntas sebanyak 52, 94, dan presentase siklus II siswa yang tuntas sebanyak 82,35 siswa. Sedangkan presentase siswa yang belum tuntas yaitu pada pra-siklus presentase sebanyak 79,41, pada siklus 1 yaitu 47,06, dan presententase untuk siklus II yaitu sebanyak 17,65 siswa yang belum tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:05
Last Modified: 02 Nov 2017 04:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1871

Actions (login required)

View Item View Item