EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN METODE BUZZ GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA KELAS VII MTs NURIL HUDA LOSARI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Aprilia, Asniza Firdausa (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN METODE BUZZ GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA KELAS VII MTs NURIL HUDA LOSARI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ASNIZA FIRDAUSA APRILIA 23060190086-.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ASNIZA FIRDAUSA APRILIA 23060190086-.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ASNIZA FIRDAUSA APRILIA 23060190086-.pdf

Download (6MB)

Abstract

Abstrak Aprilia, Asniza Firdausa. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dengan Metode Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Pada Kelas VII Mts Nuril Huda Losari Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : Muslimah Susilayati, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas; Project Based Learning (PjBL); Buzz Group; Hasil Belajar Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan metode Buzz Group terhadap hasil belajar siswa materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya pada Kelas VII MTs Nuril Huda Losari tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen dan pola desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas VII MTs Nuril Huda Losari yang berjumlah 53 siswa dengan siswa kelas VII A sebanyak 29 dan siswa kelas VII B sebanyak 25. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu total sampling dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner, dan observasi. Instrumen soal tes diperiksa keabsahannya dengan melakukan uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data soal pre-test dan post-test dengan uji normalitas, uji homogenitas serta uji t (independent sample t-test) menggunakan program SPSS 26.0. Teknik analisis data nontes dengan menggunakan angket untuk mengetahui respon siswa dan lembar observasi untuk mengetahui proses belajar siswa terhadap model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan metode Buzz Group. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 47,71 dan 44,48. Sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 67,08 dan 76,21. Berdasarkan hasil analisis 2,007tabel 3,398 > t hitungt) diperoleh nilai test-independent sample tt (-data uji dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05. Sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis data dapat disimpulakn bahwa pembelajaran menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan metode Buzz Group efektif terhadap hasil belajar materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya pada kelas VII MTs Nuril Huda Losari tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi untuk menjadikan salah satu refrensi lanjutan kepada penelitian yang berfokus pada model Project Based Learning (PjBL) dengan metode Buzz Group.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 04:41
Last Modified: 27 Oct 2023 04:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18711

Actions (login required)

View Item View Item