PENDIDIKAN MORAL KEAGAMAAN DAN KARAKTER BUDAYA BANGSA PADA PESERTA DIDIK ISLAMIC BOARDING SCHOOL MAN 1 KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

Mandala, Gerry (2023) PENDIDIKAN MORAL KEAGAMAAN DAN KARAKTER BUDAYA BANGSA PADA PESERTA DIDIK ISLAMIC BOARDING SCHOOL MAN 1 KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Gerry Mandala 23010190014.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Gerry Mandala 23010190014.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Gerry Mandala 23010190014.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Gerry Mandala 23010190014.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Gerry Mandala 23010190014.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mandala, Gerry. 2023. Pendidikan Moral Keagamaan dan Karakter Budaya Bangsa Pada Peserta Didik Islamic Boarding School MAN 1 Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muzdakir Muhlisin, M.Phil. Kata Kunci: Pendidikan Moral Keagamaan, Karakter Budaya Bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan pendidikan moral keagamaan di boarding school MAN 1 Kabupaten Semarang. (2) Untuk mendeskripsikan karakter budaya bangsa di boarding school MAN 1 Kabupaten Semarang. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan moral keagamaan dan karakter budaya bangsa di boarding school MAN 1 Kabupaten Semarang. Pada penelitian bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan di lapangan (field research). Sumber data didapatkan dari pengamatan serta wawancara yang dilakukan terhadap kepala boarding, koordinator pengasuh, dan peserta didik sehingga disebut sebagai sumber primer sedangkan penunjang pada penelitian disebut sebagai sumber sekunder. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi Adapun hasil pada penelitian ini yakni (1) Pendidikan moral keagamaan di Islamic Boarding School MAN 1 Kabupaten Semarang diantaranya: a. Ngaji bandongan kitab ta’lim muta’alim. b. Mentoring yang meliputi sholat berjama’ah, khitobah dengan metode pembiasaan. (2) Bentuk kegiatan karakter budaya bangsa yang dilaksanakan di Islamic Boarding School MAN 1 Kabupaten Semarang: a. Mentoring disiplin tata tertib terkait penerapan pola perilaku yang sesuai karakter budaya bangsa seperti diantaranya: a religius, b. toleransi, c. hormat dan santun, d. peduli sosial, e. tanggung jawab. (3) Faktor pendukung pendidikan moral keagamaan peserta didik Islamic Boarding School MAN 1 Semarang, diantaranya: a. faktor pengasuh yang mendampingi selama 24 jam di boarding, pendidikan dan lingkungan. Faktor penghambat: beberapa peserta didik belum memiliki kesadaran diri. Faktor pendukung karakter budaya bangsa di Islamic Boarding School MAN 1 Kabupaten Semarang: a. Lingkungan, b. Pendidik. Faktor penghambat: ada beberapa peserta didik yang memiliki sikap acuh tak acuh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:54
Last Modified: 27 Oct 2023 06:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18712

Actions (login required)

View Item View Item