Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia Melalui Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Sumowono Tahun Pelajaran 2022/2023

SAFITRI, LISTYA NUR (2023) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia Melalui Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Sumowono Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI LISTYA NUR SAFITRI 23060190085.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI LISTYA NUR SAFITRI 23060190085.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Safitri, Listya Nur. 2023. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia Melalui Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Sumowono Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris IPA. Jurusan Guru Mata Pelajaran. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri. Salatiga. Pembimbing. Muslimah Susilayati, M.Pd. Salatiga. Kata kunci : Hasil Belajar; Model Pembelajaran ARCS; Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa materi sistem ekskresi manusia melalui model pembelajaran ARCS pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Sumowono tahun pelajaran 2022/2023. Kurangnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang masih rendah merupakan alasan dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian yang telah dilakukan termasuk PTK (Penelitian Tindakan Kelas) tujuannya untuk membenahi praktik pembelajaran dalam kelas. Tahapan dalam PTK diantaranya : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 1 Sumowono sebanyak 34 peserta didik. Indikator keberhasilan individual dan klasikal yang digunakan peneliti pada setiap siklus, dikatakan tuntas (ketuntasan individu) dan berhasil apabila motivasi belajar sudah mencapai ≥ 75% dan jika hasil belajar mencapai KKM sebesar ≥ 75 dari keseluruhan nilai siswa dalam satu kelas mendapat nilai ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARCS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Sumowono materi sistem ekskresi manusia. Peningkatan motivasi dan hasil belajar dapat diketahui melalui hasil evaluasi di akhir proses belajar. Pada siklus I yang memenuhi indikator keberhasilan motivasi sebesar 57,4% dan siswa yang hasil belajarnya tuntas sebanyak 15 siswa dari 34 siswa atau 46,9% dari 100% dengan rata-rata sebesar 62,9. Pada siklus II siswa yang mencapai indikator keberhasilan motivasi sebesar 82,1% dan hasil belajar yang meningkat sebanyak 28 dari 34 siswa atau 87,5% dari 100% dengan nilai rata-rata 83,1. Kenaikan besarnya peningkatan persentase motivasi belajar sebesar 24,7% dan kenaikan pada hasil belajar sebesar 40,6%. Oleh karena itu , dapat dinyatakan bahwa melalui model pembelajaran ARCS pada materi sistem ekskresi manusia pada proses pembelajaran IPA perlu diterapkan , karena model tersebut terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 12:54
Last Modified: 27 Oct 2023 12:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18715

Actions (login required)

View Item View Item