HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME DAN EMPATI DENGAN ADVERSITY QUOTIENT ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI SALATIGA

Agustina, Mila (2023) HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME DAN EMPATI DENGAN ADVERSITY QUOTIENT ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
JILID MILA HIKMAH.pdf

Download (4MB)
[img] Text
MILA AGUSTINA 43040190095 SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
MILA AGUSTINA 43040190095 SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara optimisme dan empati dengan adversity quotient orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Salatiga. Penelitian dalam skripsi ini merupakan jenis penelitian regresi berganda dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Salatiga dengan jumlah 197 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi variabel optimisme (X1) sebesar 0,011<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa optimisme berhubungan terhadap adversity quotient orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Salatiga. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang berarti variabel optimisme berhubungan positif dan signifikan terhadap adversity quotient. Sedangkan nilai signifikansi variabel empati (X2) sebesar 0,011<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa empati berhubungan terhadap adversity quotient orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Salatiga. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang berarti variabel empati berhubunggan positif dan signifikan terhadap adversity quotient. Untuk nilai signifikansi pada uji F (simultan) sebesar 0,000>0,05. Hal ini menunjukkan bahwa optimisme dan empati berhubungan terhadap adversity quotient orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Salatiga. Nilai R^2 (R Square) sebesar 0,636 atau 63,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang berarti variabel optimisme dan empati berhubungan positif dan signifikan terhadap adversity quotient dengan presentase sebesar 63,6. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 13:32
Last Modified: 27 Oct 2023 13:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18717

Actions (login required)

View Item View Item