Safa'ah, Ismiatul (2023) PEMBINAAN KETEKUNAN IBADAH MAHDHAH DAN KEIHSANAN SOSIAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ISMIATUL SAFA'AH 23010190265-1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui bentuk pembinaan ketekunan ibadah mahdhah pada siswa di SMP Negeri 1 Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2023/2024. (2) Mengetahui bentuk pembinaan keihsanan sosial pada siswa di SMP Negeri 1 Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2023/2024. (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan ketekunan ibadah mahdhah dan keihsanan sosial pada siswa di SMP Negeri 1 Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan Metode deskriptif kualitatif yang merupakan gabungan antara metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dijelaskan oleh penulis. pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan tiga langkah, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. serta dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. sumber penelitian ini adalah dari Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, dua guru PAI, guru Pend. Pancasila, guru PPKn, guru BK, dan tiga siswa di SMP Negeri 1 Gubug. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1). Pembinaan ketekunan ibadah mahdhah di SMP Negeri 1 Gubug melalui kegiatan yang dilakukan siswa berupa pembinaan wudhu dengan benar, pelaksanaan salat dhuha dan salat dzuhur berjamaah, tadarus Al-Quran, dan pembagian zakat fitrah yang dilakukan di sekolah. 2). Pembinaan keihsanan sosial pada siswa di SMP Negeri 1 Gubug mengarah pada berakhlak sosial yang baik, yaitu penerapan kedisiplinan, terdapat kegiatan jumat bersih, infak jumat, pemberian santunan pada anak yatim, dan pengelolaan hewan qurban pada hari raya Idul Adha. 3). Faktor pendukung dari pembinaan ketekunan ibadah mahdhah dan keihsanan sosial, yaitu adanya motivasi yang diberikan pada siswa, pembiasaan kegiatan positif yang ada di sekolah, pendidik yang membimbing dengan baik, dan adanya sarana prasarana yang memadai sesuai yang dibutuhkan, sedangkan faktor penghambatnya, yaitu diri anak yang malas, kurangnya perhatian orang tua, letak geografis sekolah, dan lingkungan pergaulan yang kurang mendidik, serta adanya distruksi dunia modern.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 16:23 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 16:23 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18718 |
Actions (login required)
View Item |