PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID BEBUBA BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII

Hidayat, Ahmad (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID BEBUBA BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AHMAD HIDAYAT 23070190030 FIKS BGT.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hidayat, Ahmad. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Android Bebuba Berbasis Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci: Media, Articulate Storyline, Pemahaman Konsep. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran android Bebuba berbasis articulate storyline dan mengetahui kevalidan serta kepraktisan media pembelajaran android Bebuba berbasis articulate storyline terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara guru dan siswa. Kemudian lembar validasi diantaranya lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media. Selain itu, juga menggunakan lembar angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kevalidan media dari ahli materi dengan rata-rata 3,92 dengan kategori valid dengan sedikit revisi, sedangkan hasil kevalidan media dari ahli media diperoleh nilai rata-rata 4,8 dengan kategori sangat valid. Untuk hasil kepraktisan media mendapatkan rata-rata 3,65 dengan kategori praktis. Media pembelajaran android Bebuba berbasis articulate storyline yang dikembangkan dalam penelitian ini dikatakan valid dan praktis untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 16:31
Last Modified: 27 Oct 2023 16:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18720

Actions (login required)

View Item View Item